Kunker Luar Negeri, Bupati Gowa Dampingi MenPAN-RB Kunjungi Pusat Pelayanan Publik Azerbaijan

Avatar photo

BAKU—Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan bersama Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Abdullah Azwar Anas saat ini berada di Negara Azerbaijan.

Mereka melakukan kunjungan kerja luar negeri bersama sejumlah kepala daerah di tanah air. Dalam kunjungan kerja di Azerbaijan, rombongan MenPAN-RB mendatangi ASAN Xidmat atau pusat pelayanan publik Azerbaijan yang ada di kota Baku, Selasa (10/10/2023).

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Gowa, Indra Setiawan Abbas, yang turut ikut dalam rombongan tersebut menjelaskan tujuan kunjungan di ASAN Xidmat yang terletak di Baku, Ibukota Azerbaijan, dalam rangka studi tiru penyelengaraan pelayanan publik.

“Salah satu tujuan kita mengunjungi tempat ini untuk melihat dari dekat bagaimana penyelenggaraan pelayanan publik di Azerbaijan. Bagaimana pengelolaannya, fasilitasnya, dan hal baik lainnya. Apalagi tempat ini adalah salah satu percontohan penyelenggaraan pelayanan publik yang baik di dunia,” kata Indra.

Baca Juga:  Kamsina Pensiun, Abdul Karim Dania Jabat Plh Sekda Gowa

Bupati Adnan, kata Indra, akan mengadopsi secara perlahan pengelolaan pelayanan publik yang ada di negara ini untuk diterapkan di Mall Pelayanan Publik yang saat ini sementara dibangun di Kabupaten Gowa.

“Karena ini adalah studi tiru, Pak Bupati tentu akan meramu hal-hal baik soal pelayanan publik yang ada di sini untuk diterapkan di Kabupaten Gowa yang disesuaikan dengan aturan, prosedur dan kultur yang ada di Indonesia,” jelasnya.

Sebelum mengunjungi ASAN Xidmat,  MenPAN-RB beserta rombongan melakukan pertemuan dengan pihak Pemerintah Azerbaijan yang mengurusi pelayanan publik.

Indra menuturkan, pertemuan itu sebagai tindak lanjut kerjasama antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Azerbaijan dalam hal peningkatan pelayanan publik.

Baca Juga:  Bupati Adnan Resmikan Masjid Nur Ichsan BPN Gowa

“Bupati Gowa menjadi salah satu delegasi dalam rombongan KemenPAN-RB yang hadir di pertemuan dengan Chairman State Agency of Public Service and Social Inovasion Republic of Azerbaijan,” bebernya.

Pertemuan dengan Kepala Badan Negara Untuk Pelayanan Publik dan Inovasi Sosial Republik Azerbaijan ini, jelasnya, membicarakan beberapa hal termasuk tindak lanjut nota kesepahaman yang sebelumnya telah ditandatangani antara Pemerintah Indonesia dan Pemerintah Azerbaijan.

Selain melakukan pertemuan dengan Chairman State Agency of Public Service and Social Inovasion Republic of Azerbaijan.

Kegiatan rombongan ini sendiri, kata Indra, diawali dengan kunjungan ke Kedutaan Negara Republik Indonesia di Baku, Azerbaijan, yang dipimpin langsung MenPAN-RB dan diterima oleh Duta Besar RI untuk Azerbaijan, Hildi Hamid beserta diplomat dan staf kedutaan. (rus)