Gowa  

Alumni Snepar Pererat Silaturahmi Lewat Reuni Akbar III

Avatar photo

PARANGLOE—Reuni Akbar III SMP Negeri 1 Parangloe, Gowa yang digelar, Sabtu (29/7/2023) berjalan sukses.

Dengan mengusung tema “Merekatkan Kembali Putih Biru”, Reuni Akbar tersebut memberikan makna positif tentang pentingnya silaturahmi.

Alumni angkatan pertama (1980) hingga angkatan 2018 dengan pelbagai latar profesi bertemu dan berkumpul bersama.

Mengenakan baju seragam dengan warna berbeda-beda di setiap angkatan, peserta Reuni Akbar III Snepar tampak antusias.

Mereka larut berbagi cerita sambil mengenang masa dulu di bangku SMP.
Rona ceria juga sangat jelas terlihat di wajah-wajah mereka.

Hal ini menjadi pertanda bahwa reuni selalu membawa makna penting bagi alumni.

Acara Reuni Akbar Snepar diawali dengan gerak jalan santai. Setelah itu, dilanjutkan dengan pengukuhan pengurus IKA Snepar 2023-2026 oleh Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Gowa, Taufik Mursad yang hadir mewakili Bupati Adnan Purichta Ichsan.

IKA Snepar Periode 2023-2026 diketuai oleh Bobby Manuhutu. Bobby terpilih dalam Mubes I, Juni 2023 lalu. Bobby mengalahkan Sultan Makkulle yang kemudian diplot sebagai Wakil Ketua.
Posisi Sekretaris Umum diamanahkan ke Hasfiah Pati. Sementara Bendahara Umum dipegang Hj Hasmi Darsis.

Baca Juga:  Kader PKK Gowa Digembleng Keterampilan Membatik

Selain Ketua, Wakil Ketua, Sekum dan Bendahara, juga dikukuhkan pengurus Koordinator Bidang.

Reuni Akbar ini juga diwarnai dengan launching logo IKA Snepar. Logo IKA Snepar berbentuk bundar dengan warna dominan biru yang mengandung makna tentang kebersamaan dari semua alumni tanpa memandang latar belakang profesi.

Tak cuma itu saja. Reuni Akbar Snepar edisi ketiga juga diwarnai dengan kegiatan penghijauan berupa penanaman pohon di sekitar Lapangan Bontotangnga, Kelurahan Lanna, yang jadi venue acara.

Ada pula penyerahan cinderamata dari alumni setiap angkatan untuk Kepala Sekolah, serta pemberian sumbangan pembangunan musalla SMP Negeri 1 Parangloe.

Kepala Dinas Pendidikan (Kadisdik) Kabupaten Gowa, Taufik Mursad dalam sambutannya mengapresiasi Reuni Akbar Snepar yang ketiga.

Taufik berharap, kegiatan Reuni Akbar ini menjadi momentum untuk kembali mempererat hubungan silaturahmi sesama alumni.

Baca Juga:  Wabup Gowa Tekankan Penggunaan Dana BOSP Sesuai Perencanaan

“Reuni tak sekadar moment bernostalgia mengenang bangku sekolah saja. Pun, bukan untuk ajang pamer diri. Akan tetapi yang paling penting, reuni menjadi wadah dalam memperkuat silaturahmi,” ujar Taufik Mursad.

Mantan Kepala Bappeda Gowa itu menyampaikan, hubungan silaturahmi yang baik akan memperpanjang rejeki.

“Karena itu, saya mengimbau kepada semua alumni SMP Negeri 1 Parangloe yang hadir dalam Reuni Akbar ini untuk senantiasa menjaga dan memperbaiki hubungan silaturrahminya,” imbuhnya.

Kepala SMP Negeri 1 Parangloe, Hj Ummihati mengungkapkan rasa bangga kepada alumni yang hadir dalam Reuni Akbar III ini.

Kata dia, kehadiran alumni ini menjadi pertanda bahwa meski telah tamat dan menjadi orang sukses, mereka tidak akan pernah melupakan SMP Negeri 1 Parangloe.

“Selaku kepala sekolah saya sangat terharu dan bangga. Reuni Akbar ini ibarat mengembalikan putra-putri tercinta SMP Negeri 1 Parangloe. Mereka semua membaur dan berkumpul di tempat ini dalam bingkai kekeluargaan,” ucap Hj Ummihati.

Perempuan yang sebentar lagi memasuki purnabakti itu pun meminta kepada alumni, agar Reuni Akbar ini tak sekadar dimaknai sebagai ajang berkumpul. Tetapi bagaimana reuni ini dimaknai silaturrahmi dan berbagi cerita serta informasi.

Baca Juga:  Nur Islamia-Nabila Rahmadani Menangkan Pilketos SMPN 1 Parangloe

“Sebab, tidak tertutup kemungkinan melalui Reuni Akbar III ini muncul ide-ide cerdas bagi kemajuan sekolah kedepannya,” ungkapnya.

Acara Reuni Akbar III Snepar turut dihadiri Kabid Pembinaan SMP Disdik Gowa, Muh Rivan, Pejabat Kepala Balai Kementrian Lingkungan Hidup Kehutanan (KLHK) Wilayah Sulawesi, Kadaops Manggala Agni, aparat kecamatan, Kapolsek, Kepala Puskesmas Parangloe, Kartikasari Masting serta Lurah Lanna, Maskur.(rus)