Gowa  

Bupati Adnan Resmikan Kantor Baru Disdik Gowa

Avatar photo

GOWA—Dinas Pendidikan (Disdik) Gowa punya kantor baru. Tak lagi di dalam kompleks kantor bupati. Kantor baru Disdik Gowa itu terletak di Jalan Tumanurung, Sungguminasa.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan meresmikan kantor anyar Disdik Gowa, Senin (26/2/2024). Peresmiannya sekaligus dirangkaikan dengan launching digitalisasi sekolah.

Adnan dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan ini adalah upaya Pemerintah Kabupaten Gowa untuk terus meningkatkan kualitas pendidikan di tanah bersejarah ini. Menurutnya, pendidikan ini adalah investasi masa depan dalam menyambut generasi emas di tahun 2045.

Olehnya itu, Adnan berharap dengan adanya Kantor Dinas Pendidikan yang baru ini dapat membawa semangat dan motivasi yang lebih besar lagi dalam mewujudkan manusia yang berkualitas.

“Semoga kehadiran kantor baru ini bisa membawa semangat dan motivasi bagi jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa dalam mewujudkan sumber daya manusia berakhlak sesuai dengan profil pelajar Pancasila yang dicita-citakan bersama,” ujarnya.

Baca Juga:  Puji Lembaga Mahasantri Gowa, Ketum PGRI : Wadah Ciptakan SDM Religius

Selain meresmikan gedung baru Kantor Dinas Pendikan Kabupaten Gowa, pada kesempatan ini , Bupati Adnan juga melaunching Digitalisasi Sekolah. Dirinya juga mengapresiasi atas launching Digitalisasi Sekolah ini karena hal ini sangat dibutuhkan di era saat ini.

“Kita saat ini menghadapi revolusi industri yang luar biasa cepat dalam perkembangannya, untuk itu penggunaan teknologi digital menjadi sesuatu yang wajib dalam menyonsong era society 5.0 dan di kantor baru Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa menunjukkan eksitensinya dengan tanggap digitalisasi,” ungkap.

Lanjut Adnan, saat ini Pemerintah Kabupaten Gowa telah membuat sejumlah inovasi dalam bidang pendidikan guna mengahadapi era digitalisasi. Inovasi ini untuk mempercepat layanan pendidikan di Kabupaten Gowa.

“Beberapa inovasi di Kabupaten Gowa untuk mempercepat layanan pendidikan yaitu Rukoku (Rumahku Sekolahku), Adnanku (Aplikasi Digital Notifikasi Kehadiranku) dan Sistem Pelayanan Digital,” sebutnya.

Agar sistem yang sudah ada dapat berjalan dengan baik, dirinya berharap seluruh perangkat ASN dapat memahami tugas dan tupoksinya. Core value seorang ASN melalui Berakhlak kata Adnan juga sagat penting untuk sebuah perubahan sikap dan perilaku melayani bangsa.

Baca Juga:  Terbaik Ketiga Nasional Aplikasi SiCantik Cloud, Koleksi Penghargaan Gowa Bertambah

“Kita semua dituntut untuk capable, inovatif, accountable dan preference dalam menjalankan tugas. Karena di tangan kita semua masa depan anak-anak kita semua. Kita mesti segera bergegas mempersiapkan seluruh perangkat-perangkat yang mereka butuhkan dalam mewujudkan cita-cita emas mereka,” tandasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, Taufiq Mursad mengatakan bahwa dengan peresmian ini, maka jajaran Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa hari ini juga mulai berkantor di gedung baru tersebut.

“Insya Allah hari ini sudah mulai berkantor disini. Karena ini kantor baru dan diera digitalisasi maka kita juga menggunakan alat digital untuk melakukan pelayanan administrasi,” ujarnya.

Sementara launching Sekolah Digital, Taufiq menjelaskan bahwa sebagai momentum untuk bagaiman sekolah bisa mendedikasikan sekolahnya menjadi Sekolah Digital di tahun 2024 ini. Hal ini sebagai tindak lanjut dari arahan pemerintah pusat bagaimana sekolah bisa memanfaatkan alat-alat digital.

Baca Juga:  Gowa Pertahankan Predikat Kabupaten Peduli HAM

“Makanya kita harus kampanye, itulah kenapa kita launching diawal tahun sekolah harus memasuki era digital dengan baik. Tidak hanya cuma tahu tapi harus memahami alat-alat digital mulai dari pemanfaatan dan penggunaannya,” ungkapnya.(rus)