Gowa  

Launching Inovasi Rukoku, Wabup Gowa Apresiasi Komunitas Orang Tua Peduli

Avatar photo

GOWA—-Dinas Pendidikan (Disdik) Gowa menginisiasi Inovasi Rukoku (Rumahku, Sekolahku).

Inovasi Rukoku ini resmi dilaunching oleh Wakil bupati (Wabup) Gowa, H Abd Rauf Malaganni di Baruga Karaeng Galesong, kantor bupati Gowa, Senin (18/8/2023).

Karaeng Kio sapaan karib Wabup Gowa, Rauf Malaganni dalam sambutannya menyampaikan, orang tua dan guru memiliki peranan penting dalam menjadikan anak lebih baik dan memiliki Sumber Daya Manusia (SDM) yang unggul.

“Dalam memajukan dan mendidik anak-anak, kita tidak boleh percayakan kepada guru saja tetapi, sebagai orang tua juga harus berbuat yang terbaik. Kerana orang tua lah yang pertama harus mendidik anak di rumah dan mengawasinya. Jikalau kolaborasi antara guru dengan orang tua baik maka Insya Allah anak-anak kita di masa depan akan lebih baik daripada hari ini,” ungkap Abd Rauf.

Terkait Inovasi Rukoku, kata Karaeng Kio dipercaya akan meningkatkan pelibatan orang tua dalam memaksimalkan kualitas pendidikan.

Baca Juga:  Dinanti Masyarakat, RS Pratama Gowa Beroperasi 2024

Pasalnya dalam inovasi tersebut terbentuk komunitas orang tua peduli yang nantinya akan dibekali tentang ilmu parenting sehingga memiliki kemampuan yang seimbang dengan guru dalam memberikan pendidikan.

“Tentu kami sangat mengapresiasi kehadiran Inovasi Rukoku dan komunitas orang tua peduli yang merupakan bagian dari inovasi itu. Ini kita lakukan sebagai upaya mempersiapkan generasi emas 2045 dimana kita semua harus berkontribusi. Bukan hanya tugas pemerintah atau pihak sekolah saja tetapi seluruh unsur harus terlibat termasuk orang tua,” urainya.

Olehnya dirinya berharap melalui inovasi Rukoku ini akan lahir seorang anak didik yang berakhlak mulia, berkarakter dan beradab untuk peningkatan kualitas pendidikan dan SDM yang unggul dan berdaya saing sesuai dengan visi dan misi Pemkab Gowa.

Kepala Bidang Pembinaan Dasar Dinas Pendidikan Kabupaten Gowa, Ulfa Tenri Batari menerangkan, Inovasi Rukoku ini akan membawa sebuah perubahan paradigma belajar di rumah yang dikemas dalam bentuk komunitas orangtua peduli dan website interaktif.

Baca Juga:  Penutupan Dikmata, Wabup Gowa Motivasi Prajurit TNI AD

Selain itu, aplikasi atau website ini memberikan ruang interaksi antara guru dan orangtua siswa mulai dari tingkatan TK, SD hingga SMP.

Hal ini, menurut dia sejalan dengan program pendidikan Pemkab Gowa yang telah ada. Seperti Imtak Pemkab Gowa, Pendidikan Investasi Seperempat Abad, Punggawa D’Emba Education, Satu Desa Satu Sarjana dan Program Mahasantri.

“Komunitas ini berkolaborasi dengan pihak sekolah yang menjadi mediator kepada orangtua dan pihak sekolah bagaimana cara mendidik anak sesuai tingkatan usianya dan kami ada layanan interaktif dimana layanan ini menjadi ruang interaksi antara orangtua dan guru tentang perkembangan belajar anak-anaknya setiap hari,” terangnya.

Selaku motivator Inovasi Rukoku, Ulfa  menjelaskan, keterlibatan orang tua memang sangat penting dalam mendidik anak. Sebab, hal ini telah tertuang dalam tri pusat pendidikan, yang menyebutkan ada tiga unsur yang terlibat. Yakni orang tua di rumah, guru di sekolah dan masyarakat.

Baca Juga:  Resepsi Kenegaraan HUT Ke-78 RI, Pemkab Gowa Hadirkan Virzha Idol

“Intinya Rukoku ini bagaimana kita dari dinas pendidikan melibatkan orang tua karena tugas pendidikan bukan tugas kami semata tapi orang tua juga bagian dari kami. Jadi kita sama-sama bergerak bagaimana mewujudkan dan melakukan pemulihan pembelajaran apalagi efek pandemi masih ada dan melakukan percepatan peningkatan mutu dan kualitas pendidikan di Kabupaten Gowa,” jelasnya.(rus)