Gowa  

Tarawih Pertama, Masyarakat Gowa Padati Masjid Agung Syekh Yusuf 

Avatar photo

GOWA—Bulan Suci Ramadan 1445 Hijriah disambut antusias umat muslim di segala penjuru dunia. Termasuk di Kabupaten Gowa.

Nuansa kegembiraan menyambut bulan kemuliaan ini terlihat jelas pada tarawih pertama, Senin (11/3/2024) malam. Warga Gowa berbondong-bondong ke masjid. Masjid Agung Syekh Yusuf misalnya. Dipadati oleh jemaah.

Wakil Bupati (Wabup) Gowa, H Abd Rauf Malaganni juga melaksanakan tarawih pertama di masjid kebanggaan masyarakat butta bersejarah itu.

Karaeng Kio, sapaan karibnya berharap, tarawih pertama ini dijadikan sebagai momentum meningkatkan kebersamaan antara pemerintah dan masyarakat.

“Semoga momentum Ramadan ini dapat dijadikan sebagai sarana dalam membina suatu kebersamaan dengan masyarakat Gowa, yang tentunya dilandasi dengan rasa saling menghargai, saling menghormati sehingga terjalin ukhuwah Islamiyah yang akrab dan harmonis diantara semua komponen masyarakat,” ungkap Karaeng Kio.

Baca Juga:  Lagi, Pemkab Gowa Siapkan Hadiah Umrah Bagi Mahasantri Berprestasi

Pada kesempatan itu, Ia juga mengajak masyarakat untuk mengisi Ramadan ini dengan melaksanakan hal-hal yang positif sehingga tercipta masyarakat Islam yang mengetahui dan memahami tugas dan fungsinya.

“Mari kita mengisi Ramadan ini dengan penuh keikhlasan, sehingga Allah menerima ibadah kita semua. Apalagi bulan ini merupakan bulan yang mulia dimana amalan yang dikerjakan akan dilipatgandakan pahalanya, dosa dan kesalahan akan diampuni oleh Yang Maha Kuasa,” imbuhnya.

Hal senada juga ditegaskan oleh Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Abdul Karim Dania.

Pria dengan akronim AKD itu berkata, Pemerintah Kabupaten Gowa berkomitmen menjaga kebersamaan dengan masyarakat Gowa, salah satunya melalui tarawih pertama ini yang rutin dilaksanakan Pemkab Gowa saat Ramadan setiap tahunnya.

Baca Juga:  Dua Siswa Gowa Lulus Program Beasiswa ESQ Business School

Selain itu, pihaknya juga akan melakukan Safari Ramadan dengan mengunjungi seluruh masyarakat Kabupaten Gowa yang tersebar di 18 kecamatan sebagai upaya untuk terus menjaga kebersamaan dan kekompakan dengan masyarakat.

“Pada malam pertama Ramadan ini mudah-mudahan kebersamaan kita dengan masyarakat semakin kompak dan bersatu. Insya Allah tahun ini kita juga akan kembali laksanakan Safari Ramadan sebagai salah satu cara untuk terus menjalin silaturahmi dan kebersamaan dengan masyarakat Gowa secara keseluruhan,” jelasnya.

Ismail, warga Gowa mengaku dirinya setiap Ramadan pertama selalu menyempatkan waktu melakukan tarawih di Masjid Agung Syekh Yusuf. Menurutnya momen tersebut menjadi kebahagiaan tersendiri dalam menyambut Ramadan.

“Setiap tahun pasti tarawih pertama di masjid ini bersama keluarga, karena lebih bersemangat  apalagi masjid ini sangat bagus dan besar yang bisa mengisi banyak jamaah,” katanya.(rus)