Gowa  

Paskibra Gowa Mulai Lakoni Latihan

Avatar photo

GOWA—–70 pelajar SMA di Kabupaten Gowa yang lolos dalam seleksi Pasukan pengibar bendera (Paskibra) Kabupaten Gowa mulai melakoni latihan.

Mereka ini akan bertugas mengibarkan bendera merah putih pada Upacara Peringatan HUT RI Ke-78 Tingkat Kabupaten Gowa, 17 Agustus 2023 mendatang.

Pembukaan latihan Paskibra itu dilakukan oleh Sekda Gowa, Hj Kamsina di Zona Ruang Terbuka Hijau (RTH) Syekh Yusuf, Selasa (1/8/2023).

“Saya ucapkan selamat kepada anak-anakku yang telah terpilih. Tentu ini bukanlah hal yang mudah, karena anak-anakku yang hadir disini harus melewati berbagai seleksi dari panitia pelaksana,” ujar, Hj Kamsina.

Kata dia, sebelum mengemban tugas berat, anggota Paskibra perlu dibekali pengetahuan yang cukup memadai berupa tata cara baris-berbaris dengan sempurna maupun membentuk konfigurasi pasukan.

Baca Juga:  108 ASN Pemkab Gowa Terima SK 100 Persen

“Jadi selain latihan yang bersungguh-sungguh dan pengetahuan yang cukup, diperlukan juga kemauan tinggi mengikuti latihan. Sehingga fisik, mental, kecermatan, kedisiplinan dan keteguhan hati dapat terbentuk setelah 16 hari mengikuti latihan,” ungkapnya.

Ia berharap acara pengibaran bendera pada 17 Agustus nanti bisa terlaksana dengan baik dan sukses. Hal ini tentunya dapat diraih apabila anggota Paskribaka menjalani latihan dengan sungguh-sungguh dan penuh rasa tanggung jawab.

“Keberhasilan suatu tugas ditentukan mulai hari ini, kalau anak-anakku bersungguh-sungguh berlatih dengan baik, patuh kepada pelatihnya Insya Allah keberhasilan akan diraih,” pesan Sekda Gowa ini.

Tak hanya itu, Kamsina juga mengimbau agar para pelatih lebih memperhatikan kesehatan anggota Paskibraka.

Baca Juga:  38 Tahun Bertugas di Parangloe, Kesan Hj Ummihati : Kekeluargaan Disini Sangat Tinggi

“Para pelatih segera lakukan koordinasi dengan Puskesmas Somba Opu agar kesehatan para anggota Paskibraka dapat diperiksa dan dipastikan anak-anak paskibraka ini tetap sehat dan segar dalam melaksanakan latihan hingga pelaksanaannya tiba,” jelasnya.

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Gowa, Mappasomba mengatakan peserta terdiri dari 70 orang yang merupakan siswa SMA/SMK/MA dari 18 kecamatan se-Kabupaten Gowa. Mereka mulai berlatih hari ini, 1 Agustus 2023, serta akan dikukuhkan pada 16 Agustus mendatang atau sehari sebelum pengibaran.

“Pelatihan sudah dilaksanakan per 1 Agustus atau hari ini dan berlangsung sampai 16 Agustus dari pagi-sore di Lapangan Upacara Kantor Bupati Gowa,” ucapnya.(rus)