Gowa  

Pos Pelayanan Publik Tombolo Pao Tekan Pengeluaran Masyarakat

Avatar photo

TOMBOLO PAO—Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Gowa terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakatnya. Tak cukup dengan Mall Pelayanan Publik atau MPP, Pemkab Gowa juga membangun Pos Pelayanan Publik atau PPP di kecamatan dataran tinggi. Salah satunya kecamatan Tombolopao.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menyampaikan, Pos Pelayanan Publik yang dibangun di Kecamatan Tombolo Pao akan mengakomodir masyarakat dataran tinggi yang ingin memperoleh pelayanan.

“Kalau kita belum mampu meningkatkan pendapatan masyarakat, maka kurangi bebannya terlebih dahulu, inilah yang kita lakukan melalui Pos Pelayanan Publik di seluruh kecamatan dataran tinggi. Masyarakat disini yang ingin mengurus kependudukan, perizinan dan lainnya tidak perlu lagi jauh-jauh tapi cukup datang ke pos pelayanan publik semua telah terlayani,” ujar Adnan saat meresmikan PPP Kecamatan Tombolo Pao, Sabtu (16/3/2024).

Baca Juga:  Takjub Melihat Semangat Reski Sekolah, Bupati Gowa Beri Bantuan Kursi Roda

Agar PPP optimal, Adnan lantas menekankan kepada pegawai untuk dilatih terlebih dahulu. Hal ini, amat penting agar mampu melayani masyarakat dengan baik dan mengintegrasikan sistem yang ada. Contohnya saja pelayanan kependudukan Disdukcapil.

“Pegawainya dilatih bagaimana melayani dengan baik, jika nantinya tidak bisa melayani dengan baik maka akan dievaluasi secara keseluruhan,” tegasnya.

Keberadaan PPP Kecamatan Tombolo Pao disambut positif. Camat Tombolo Pao, Astan berkata, PPP dipercaya mampu mendekatkan pelayanan ke masyarakat sekitar, hingga menekan pengeluaran masyarakat.

Menurut Astan, inovasi Pos Pelayanan Publik yang dihadirkan Pemkab Gowa dibawah kepemimpinan Bupati Adnan Purichta Ichsan dan Wakilnya, Abdul Rauf Malaganni ini sangat bermanfaat bagi masyarakatnya. Menurutnya dengan hadirnya PPP ini mampu mengurangi pengeluaran masyarakat ketika ingin mengurus pelayanan.

Baca Juga:  Warga Kecamatan Tompobulu Apresiasi Pos Pelayanan Publik dan Bantuan Alsintan

“Suatu inovasi yang besar manfaatnya dan membantu masyarakat khususnya di dataran tinggi, dimana dalam setiap kepengurusan dokumen misalnya kependudukan dan perizinan tidak perlu lagi ke Sungguminasa yang bisa memakan biaya minimal Rp 300 ribu. Dengan diresmikannya PPP Kecamatan Tombolopao akan menekan biaya pengeluaran dan bisa dialihkan ke kebutuhan lainnya,” katanye.

Hal senada juga dilontarkan warga Tombolo Pao, Samsul Arif. Ia mengamini, hadirnya PPP ini menghemat biaya pengeluaran ketika ingin mendapatkan pelayanan.

“Tentu kami sebagai masyarakat sangat mengapresiasi program pembangunan ini. Selama ini kan kebanyakan masyarakat yang ingin mengurus masalah kependudukan, perizinan dan lainnya harus ke Sungguminasa yang biayanya tidak sedikit, tetapi hadirnya pos pelayanan publik ini akan ada penghematan biaya,” jelasnya.

Baca Juga:  Indeks Penerapan SPBE Pemkab Gowa Predikat Baik

Ia berharap Pemkab Gowa mampu terus melanjutkan pembangunan yang dirasakan langsung oleh masyarakat.(rus)