Gowa  

38 Tahun Bertugas di Parangloe, Kesan Hj Ummihati : Kekeluargaan Disini Sangat Tinggi

Torehkan Banyak Prestasi, Purnabakti 1 September 2023

Avatar photo

PARANGLOE—-Kepala SMP Negeri 1 Parangloe, Gowa, Hj Ummihati akan segera memasuki masa purnabakti. Ia akan menanggalkan status ASN pada 1 September 2023 mendatang, setelah 38 tahun bertugas sebagai pendidik.

Hj Ummihati mengawali karir sebagai ASN (dulu PNS,red) pada tahun 1985. Sejak terangkat sebagai ASN, Ia langsung ditugaskan di SMP Negeri 1 Parangloe.

Selama 38 tahun itu, dirinya tidak pernah pindah tugas. Pertama terangkat, Ia mengajar sebagai guru Bahasa Indonesia.

Seiring berjalannya waktu, dari guru bidang studi, Hj Ummihati kemudian diangkat sebagai Wakil Kepala Sekolah (Wakasek) Umum SMP Negeri 1 Parangloe pada tahun 2001.

Dirinya terpilih sebagai Wakasek Umum melalui proses pemilihan di sekolah. Jabatan Wakasek Umum diembannya hingga tahun 2017.

Di masa jabatan Wakasek Umum periode 2001-2017, Hj Ummihati mengikuti pelatihan kepala sekolah (Cakep). Tepatnya pada tahun 2007.

Kurang lebih 10 tahun berselang kemudian, pada tahun 2018, Hj Ummihati ditunjuk sebagai Kepala SMP Negeri 1 Parangloe.

Baca Juga:  LSI : Kinerja Adnan-Kio Sangat Baik, 86,86 Persen Masyarakat Gowa Puas

Ada banyak cerita mengiringi perjalanan karir ASN Hj Ummihati selama 38 tahun bertugas di Parangloe. Ada kisah suka. Pun ada duka. Namun Hj Ummihati mengaku, lebih banyak sukanya.

Salah satu yang paling berkesan, kata dia, adalah rasa kekeluargaan orang Parangloe yang sangat tinggi. Baik dengan guru dan staf pegawai di SMP Negeri 1 Parangloe. Pun dengan masyarakat sekitar.

Hal ini pula yang membuatnya sangat nyaman. Sehingga dirinya bersyukur karena tidak pernah pindah tugas dari SMP Negeri 1 Parangloe.

“Hubungan emosional dengan masyarakat sangat baik. Kerja sama di antara guru sangat erat. Sehingga semua program yang dilaksanakan berjalan sukses,” ucap Hj Ummihati di ruang kerjanya, Jumat (18/8/2023).

Dia mengungkapkan, hampir tidak ada blok-blok di antara guru. Yunior dan senior, semuanya saling menghargai.

Baca Juga:  Momentum HJG 703 Tahun, Bupati Gowa Beri Penghargaan Instansi dan Atlet Berprestasi

“Semuanya kompak. Rasa kekeluargaan itu yang tidak akan pernah saya lupakan sampai kapan pun, walau nanti saya tidak lagi ada disini,” tuturnya.

Rasa kekeluargaan dan kekompakan yang erat itu, membuat Hj Ummihati sukses membawa kemajuan bagi SMP Negeri 1 Parangloe.

Selama menakhodai sekolah ini, ada banyak prestasi yang ditorehkan. Salah satunya membawa SMP Negeri 1 Parangloe sebagai juara pertama lomba kebersihan antar sekolah tingkat kabupaten Gowa tahun 2023.

Prestasi ini sekaligus menjadi kado terindah bagi dirinya menjelang purnabakti.

Selain itu, kemajuan infrastruktur SMP Negeri 1 Parangloe dibawah kepemimpinan Hj Ummihati juga cukup pesat. Hampir sebagian ruang kelas yang rusak berhasil diperbaiki berkat upaya getolnya berjuang mendapat bantuan dari pemerintah.

Tidak sampai disitu saja. Hj Ummihati juga sukses menyulap SMP Negeri 1 Parangloe menjadi sekolah berbasis adiwiyata dengan lingkungan yang hijau, nyaman dan asri.

Baca Juga:  Adnan Minta PKK Gowa Berkolaborasi Turunkan Stunting

Staf Tata Usaha SMP Negeri 1 Parangloe, Muh Rusli mengakui keberhasilan Hj Ummihati memimpin sekolah.

Rusli mengungkapkan, Hj Ummihati merupakan sosok kepala sekolah yang luar biasa. Selain mempersembahkan sejumlah prestasi dan kemajuan bagi SMP Negeri 1 Parangloe, di mata Muh Rusli, Hj Ummihati adalah sosok kepala sekolah yang sangat mengayomi. Terutama bagi guru honorer.

“Selama beliau memimpin sekolah ini, guru honorer tidak pernah tersendat gajinya. Beliau (Hj Ummihati) sangat mengayomi kami semua disini. Bagi kami, Hj Ummihati adalah sosok kepala sekolah yang patut dicontoh,” tandas Rusli.(rus)