Gowa  

Wabup Gowa Ajak Kawula Muda Teladani Perjuangan Syekh Yusuf Al Makassari

Avatar photo

GOWA——Syekh Yusuf Al Makassari adalah sosok ulama kharismatik yang berasal dari Gowa.

Syekh Yusuf, satu dari sekian pahlawan Nasional yang punya jasa besar terhadap kebesaran sejarah bangsa Indonesia.

Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni mengatakan, perjuangan dan pengorbanan Syekh Yusuf di masa lalu menjadi inspirasi terutama bagi kalangan generasi muda.

Sebagai generasi penerus bangsa, Wabup Gowa mengajak kawula muda khususnya di Kabupaten Gowa untuk meneladani Syekh Yusuf.

Seruan itu disampaikan Karaeng Kio sapaan karib Rauf Malaganni saat membuka Education Fair Universitas Syekh Yusuf Al Makassari sekaligus Haul Syekh Yusuf, Kamis (20/7/2023).

Kegiatan ini digelar di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Zona A Syekh Yusuf, Sungguminasa.

“Semoga Education Fair sekaligus Haul Syekh Yusuf ini bisa menjadi sumber pengetahuan dan edukasi bagi generasi muda kita untuk dapat menghidupkan kembali sejarah dan mengajarkan tentang jasa-jasa dan pengorbanan pahlawan nasional seperti Syekh Yusuf Al-Makassari,” imbuh Karaeng Kio.

Baca Juga:  Hari Pahlawan, Wabup Gowa Ingatkan Semangat Patriot Pejuang Bangsa

Menurutnya, pendirian Universitas Syekh Yusuf Al Makassari diyakini terinspirasi dari perjuangan Syekh Yusuf Al Makassari dalam menyebarkan nilai-nilai Islam.

“Keberadaan Universitas Syekh Yusuf Al Makassari tentu untuk membumikan nilai-nilai keislaman seperti yang telah diperjuangkan oleh Syekh Yusuf Al Makassari,” ungkapnya.

Karaeng Kio juga menyatakan apresiasi pelaksanaan Education Fair Universitas Syekh Yusuf Al Makassari. Mantan Camat Manuju itu menyebut, Education Fair menjadi media informasi sekaligus referensi khususnya bagi siswa-siswi SMA/sederajat di Gowa yang akan melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi.

“Semoga kegiatan ini bisa menjadi ajang sosialisasi bagi anak-anak kita yang masih duduk di bangku SMA sederajat sebagai pengetahuan untuk mereka dalam memilih universitas yang mereka inginkan nantinya,” tukasnya.

Baca Juga:  Adnan Lantik 36 Pejabat, Sekcam Somba Opu Promosi Jabat Camat 

Ketua Panitia Pelaksana Education Fair Universitas Syekh Yusuf Al Makassari, Kahar menjelaskan, kegiatan ini menghadirkan seluruh lurah se-Kecamatan Somba Opu.

Berlangsung selama tiga hari Mulai tanggal 20 hingga 22 Juli 2023.

“Kegiatan ini sebagai ajang sosialisasi kampus, karena kampus kami baru satu tahun menjadi universitas. Sekaligus memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pendidikan di kabupaten Gowa,” ujar Kahar.

Sementara itu, Rektor Universitas Syekh Yusuf Al-Makassari Gowa, Muhammad Isnaini mengaku siap memberikan dukungan dalam hal kajian analisis dalam rangka pengembangan Kabupaten Gowa kedepan.

Sebab, kehadiran Universitas Syekh Yusuf Al Makassari Gowa berkat dukungan total dari Pemkab Gowa.

Ia bertekad, kedepannya Universitas Syekh Yusuf Al Makassari bisa menjadi ikon kebanggaan bagi masyarakat Gowa.

Baca Juga:  Pengendara Terus Keluhkan Jalan Rusak di Ruas Sungguminasa-Malino

“Kami sangat mengharapkan sinergi dan kolaborasi dari pemda Gowa. Tanpa dukungan dari Bupati Gowa dan jajarannya tentu kami tidak bisa berbuat apa-apa,” tandasnya.(rus)