Survei Archi : 4 Pasangan Potensial Bertarung di Pilgub Sulsel

Figur Perempuan Menguat di Posisi Cawagub

Avatar photo

MAKASSAR— Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulsel sisa menghitung bulan. Lembaga survei ARCHi Research And Strategy Indonesia dalam riset terbarunya memprediksi, pertarungan Pilgub Sulsel bakal diikuti oleh 4 pasangan.

“Kemungkinan Pilgub Sulsel 2024 diikuti oleh 4 pasangan calon gubernur,” ujar CEO ARCHi Indonesia, Mukhradis Hadi Jaya kepada wartawan disela kegiatan buka puasa bersama di markas ARCHi Indonesia Citra Land Celebes, Makassar, Sabtu (30/3/2024).

Mukhradis menyampaikan, ada 12 nama yang terpotret berpeluang besar maju di arena Pilgub Sulsel. Ke-12 nama itu merupakan figur laki-laki dan perempuan.

Untuk figur laki-laki, nama yang mencuat di antaranya Andi Amran Sulaiman (Menteri Pertanian), Rusdi Masse (Ketua DPW Nasdem Sulsel), Danny Pomanto (Walikota Makassar), Nurdin Halid (Politisi Golkar), Ilham Arief Sirajuddin (Mantan Walikota Makassar), Adnan Purichta Ichsan (Bupati Gowa), Andi Iwan Aras (Ketua Gerindra Sulsel) serta Komjen Pol Fadil Imran (Kabarhakam Polri)

Baca Juga:  Bupati Adnan Minta Bawaslu Gowa Minimalisir Pelanggaran Pemilu 

Sementara figur perempuan, yakni Fatmawati Rusdi, Aliyah Mustika Ilham, Bupati Luwu Utara, Indah Putri Indriani serta Lies Fachruddin Nurdin.

Menurut Mukhradis, dari 12 nama-nama tersebut, figur laki-laki mendominasi untuk posisi kandidat cagub Sulsel.

“Kita buat kuisioner ke masyarakat tanpa menyebut nama. Hasilnya terpotret kandidat cagub Sulsel itu semuanya laki-laki,” ungkapnya.

Sebaliknya, lanjut dia, figur perempuan yang terpotret dalam riset ARCHi di 25 kabupaten/kota kebanyakan berpotensi digaet sebagai kandidat Cawagub Sulsel. Kecuali nama Adnan Purichta Ichsan. Selain berpeluang sebagai kandidat cagub Sulsel, Adnan juga memiliki kans kuat di posisi cawagub.

“Sehingga agak menarik, pasangan yang nanti bertarung di Pilgub Sulsel adalah perpaduan paket laki-laki dan perempuan,” sebut Mukhradis.

Baca Juga:  Bawaslu Gowa-Parpol Rakor Bersama, Bahas Pencegahan Sengketa Pemilu

Ia mengungkapkan, perkembangan politik Sulsel terus dinamis. Pergerakan beberapa figur yang namanya mencuat bakal bertarung di Pilgub Sulsel, 27 November 2024 mendatang semakin kencang, khususnya selama Ramadan.

“Setelah cek di lapangan beberapa figur yang hasil survei kita sebelumnya di bawah tiga persen itu kencang bergerak. Seperti Pak IAS atau Ilham Arief Sirajuddin terus jalan. Fadil Imran terpotret setiap Sabtu-Minggu ada di Sulsel. Begitu pun juga Pak Danny, juga mulai merespon positif namanya masuk dalam survei Cagub Sulsel,” tandasnya.

Mukhradis juga mengungkapkan, Pilgub Sulsel nanti menjadi pertarungan geopolitik.

“Seperti Pilgub sebelumnya, faktor geopolitik ini jadi pertimbangan. Dimana figur dari Gowa, Makassar, Bone dan Luwu itu berpeluang berpaket,” pungkasnya.(rus)

Baca Juga:  Golkar Andalkan Zulkarlian Rebut 1 Kursi Dapil Sombaopu