Gowa  

Rumah Warga Desa Manuju Ludes Terbakar

Avatar photo

MANUJU— Arus pendek atau korsleting listrik memicu kebakaran di Dusun Tompobalang, Desa Manuju, Kecamatan Manuju, Gowa, Kamis (29/2/2024). Sebuah rumah panggung milik warga setempat bernama Daeng Juma (60 tahun) ludes terbakar.

Kondisi rumah rata dengan tanah. Seluruh perabot rumah tangga ludes dilalap si jago merah. Termasuk satu unit kendaraan roda dua.

Beruntung tak ada korban jiwa dalam kejadian ini. Namun pemilik rumah, Daeng Mantang (56 tahun) harus dilarikan ke Puskesmas Manuju lantaran mengalami luka bakar di sebagian tubuhnya. Kerugian akibat kebakaran itu ditaksir mencapai Rp100 juta.

Menurut keterangan saksi, Dg Siama (46 tahun), api bermula terlihat dari atap rumah korban. Kobaran api dengan cepat membesar dan dalam waktu sekejap saja melahap seluruh rumah.

Baca Juga:  Ary Ginanjar Sebut Gowa Kabupaten Pertama Edukasi Core Values Berakhlak

Kata Dg Siama, api baru bisa dipadamkan setelah dua armada pemadam kebakaran (Damkar) Pemkab Gowa diturunkan ke lokasi. Hanya saja, kondisi rumah sudah menjadi puing.

“Rumah dan seluruh perabot semua terbakar. Juga 1 unit sepeda motor, 1 unit mesin perontok padi, 1 unit traktor tangan, dan 60 karung padi,” beber Dg Siama.

Kapolsek Manuju, IPDA Mashud membenarkan kebakaran tersebut. Pihaknya pun langsung turun ke TKP dan mengevakuasi pemilik rumah yang mengalami luka bakar ke Puskesmas.

Polisi juga, kata dia sementara mendalami penyebab kebakaran itu. “Pemicu pasti kebakaran masih kita selidiki dengan melibatkan Tim Inafis. Apakah korslet listrik atau ada penyebab lain,” katanya.

Ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk belajar dari peristiwa kebakaran ini. Tetap waspada dan menghindari hal-hal yang bisa menyebabkan kebakaran.

Baca Juga:  Wabup Gowa Tepis Dokter RSUD Syekh Yusuf Mogok Kerja

Seperti tidak meninggalkan kompor saat memasak, memeriksa alat elektronik, dan memastikan keamanan alat-alat rumah tangga.(rus)