Jamu Macan Kemayoran, Pasukan Ramang Menyerah 2-3  

Avatar photo

PAREPARE–PSM Makassar mengawali putaran kedua kompetisi BRI Liga 1 musim 2023-2024 dengan hasil buruk.

Klub sepak bola kebanggaan masyarakat Sulsel ini harus mengakui keunggulan tamunya, Persija Jakarta pada laga di Stadion Gelora BJ Habibie (GBH) Parepare, Jumat (3/11/2023) malam.

Pasukan Ramang bertekuk lutut di tangan Tim Macan Kemayoran dengan skor 2-3. Tekad awal untuk memberikan kemenangan sebagai kado terindah di usia ke-108 PSM Makassar pun pupus.

Seperti diketahui, Kamis, 2 November 2023 atau sehari sebelum laga kontra Persija, PSM berulang tahun yang ke-108 tahun.

Sejatinya, momentum 108 tahun usia PSM ini ingin disempurnakan dengan sebuah kemenangan. Namun hasil laga berbeda. Tim Juku Eja kembali dipaksa menyerah di depan mata pendukung sendiri.

Witan Sulaiman menjadi bintang kemenangan Persija. Gelandang serang Timnas Indonesia itu mencetak brace dari tiga gol Persija ke gawang PSM.

Witan melesakkan gol pertama untuk timnya pada menit 26 babak pertama. Memanfaatkan celah pemain lini pertahanan PSM, Witan yang melakukan pergerakan eksplosif membawa Persija unggul 1-0 melakui sepakan keras di dalam area penalti.

Baca Juga:  Banyak Peluang Gol, Tavares Geregetan Juku Eja Tumbang di Tangan Bajul Ijo

PSM Makassar yang tertinggal mencoba mengejar. Namun, upaya PSM belum berhasil. Hingga jeda babak pertama, Persija tetap unggul 1-0.

Di awal babak kedua, Persija yang bermain agresif kembali sukses menggandakan keunggulan menjadi 2-0. via gol Ryo Matsugura pada menit 49.

Lagi-lagi memanfaatkan kelemahan lini pertahanan PSM Makassar, pemain Persija asal Jepang itu berhasil memaksimalkan umpan crossing Firza Andika. Ryo yang berdiri tak terkawal di depan gawang PSM, dengan mudah mencocor bola.

PSM yang tertinggal 0-2 tak mau menyerah. Akhirnya pada menit 61, Syafruddin Tahar berhasil memperkecil ketertinggalan skor menjadi 2-1 lewat sundulan kepala memanfaatkan tendangan sepak pojok.

Gol Syafruddin menambah semangat permainan PSM. Terbukti, dua menit berselang pasca gol Syafruddin, PSM sukses menyamakan skor 2-2.

Gol kedua PSM ini tercipta pada menit 63 oleh Victor Mansaray, gelandang asing yang baru saja direkrut . Ia berhasil mencetak gol didebut pertamanya membela PSM melalui sepakan keras memanfaatkan bola liar di jantung pertahanan Persija.

Baca Juga:  Duel Sengit PSM Makassar vs Dewa United, Juku Eja Diunggulkan Kalahkan Tangsel Warrior

Pertarungan pun makin bertambah seru saja. Sebelum akhirnya, Witan Sulaiman membawa Persija unggul 3-2 pada menit-82.

Witan yang tampil sangat impresif untuk mencetak gol keduanya dalam laga ini, sekaligus menjadi penentu kemenangan Persija.

Pelatih PSM Makassar, Bernardo Tavares menyatakan sangat kecewa terhadap kekalahan tim asuhannya.

“Pertama tama saya ucapkan terima kasih atas kehadiran suporter yang memberi atmosfir luar biasa di stadion. Kita sedih dengan hasil ini, dimana kita seharusnya memberikan hasil yang lebih baik di ulang tahun 108 PSM,” ucap Tavares.

Juru taktik berkepala plontos itu mengakui, lawan Persija memang selalu sulit. Kekalahan ini, kembali menambah tren negatif PSM saat menghadapi Persija.

“Statistik tujuh laga terakhir lawan Persija, kita memang tidak pernah menang. Selamat kepada Persija,” ungkapnya.

Gelandang PSM Makassar, M Arfan menyatakan, semua pemain sudah bekerja keras di lapangan. Kendati, hasil laga PSM kalah.

“Rekan-rekan sudah berjuang keras. Kami meminta-maaf atas kekalahan ini,” ujar Arfan.

Di kubu Persija, Pelatih Thomas Doll menegaskan, timnya bermain lebih baik sehingga layak memenangkan pertarungan.

Baca Juga:  Misi Tiga Poin Kontra Sabah FC, Pelatih PSM Minta Dukungan Suporter

“Kita bermain sangat bagus, terutama di babak pertama. Kita unggul possesion ball, dan punya banyak gol. Kita senang dengan permainan tandang seperti ini. Lawan PSM itu sulit. Tapi kita membuktikan mental yang baik.,” beber Thomas Doll.

Pemain Persija, Rhio Fahmi menyambut antusias kemenangan 3-2 atas PSM Makassar.

“Alhamdulillah, meraih tiga poin di Makassar. Ini semua berkat keras seluruh pemain, official dan pelatih. Perjalanan jauh dengan tekad tiga poin kesini bisa kita raih. Tentu kemenangan ini menambah motivasi kami meraih hasil maksimal di laga-laga berikutnya,” tandas Rio.(rus)