Gowa  

Hari Pahlawan, Wabup Gowa Ingatkan Semangat Patriot Pejuang Bangsa

Avatar photo

GOWA—-10 November merupakan salah satu hari paling bersejarah bagi bangsa Indonesia. Setiap tahun, 10 November diperingati sebagai Hari Pahlawan.

Hari Pahlawan ini pun seyogyanya menjadi momentum bagi masyarakat dalam mengenang patriot pejuang untuk dijadikan inspirasi dalam membangun bangsa kedepan.

Demikian dilontarkan Wabup Gowa, H Abd Rauf Malaganni tatkala menghadiri upacara peringatan Hari Pahlawan di halaman kantor bupati Gowa, Jumat (10/11/2023).

Upacara Hari Pahlawan ini diikuti seluruh jajaran Forkopimda, ASN, TNI, Polri, Lingkup Pemkab Gowa, organisasi kemasyarakatan dan beberapa siswa.

“Saya mengajak seluruh masyarakat Kabupaten Gowa untuk memaknai peringatan hari Pahlawan dengan baik. Mengenang patriotisme pejuang terdahulu dalam mempertahankan kemerdekaan bangsa,” ujar Karaeng Kio sapaan karibnya Wabup Gowa itu.

Menurutnya para pahlawan terdahulu mengorbankan nyawa untuk kemerdekaan Indonesia yang kini bisa dinikmati oleh seluruh lapisan masyarakat.

Baca Juga:  Lomba Mewarnai HKG PKK : Parigi Juara Kategori SD, Somba Opu Kampiun Tingkat TK

“Tentu Peringatan Hari Pahlawan Nasional Ke-78 ini kita semua bisa mengenang betapa sulitnya para pahlawan kita berjuang menggunakan bambu runcing untuk kemerdekaan Republik Indonesia sehingga kita tinggal mengisi kemerdekaan ini,” ungkapnya.

Kerananya, bekas Camat Manuju itu berpesan agar masyarakat Gowa mampu mengisi kemerdekaan ini dengan semangat, terlebih merupakan tahun politik agar Gowa terus aman dan kondusif.

“Kepada seluruh masyarakat Kabupaten Gowa, mari kita mengisi kemerdekaan ini dengan baik, apalagi ini tahun poltik kita berharap pemilihan presiden, legislatif, maupun nanti Pilkada berjalan aman sukses dan damai,” pesannya.

Pada upacara peringatan ini, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Abd Karim Dania yang bertindak sebagai inspektur upacara turut membacakan amanat seragam Menteri Sosial RI.

Baca Juga:  Wabup Gowa Tekankan Penggunaan Dana BOSP Sesuai Perencanaan

Ia meyampaikan, Hari Pahlawan ke-78 ini, diperingati dengan mengusung tema “Semangat Pahlawan untuk Masa Depan Bangsa dalam Memerangi Kemiskinan dan Kebodohan“.

Dimana tema ini diangkat melalui renungan yang mendalam untuk menjawab ancaman penjajahan modern yang kian nyata.

“Kita merupakan bangsa besar dan dikaruniai begitu banyak sumber daya alam yang luar biasa seperti tanah  subur, hasil laut yang melimpah, kandungan bumi yang menyimpan beragam mineral sehingga Inilah tantangan yang sesungguhnya bagi generasi penerus untuk mengelola kekayaan alam dan juga potensi penduduk Indonesia bagi kejayaan bangsa dan negara,” katanya.

Lebih lanjut, ia menyampaikan, semangat untuk berantas kebodohan dan perangi kemiskinan dapat dilihat dan dirasakan denyutnya di seluruh pelosok negeri. Semangat yang berasal dari nilai perjuangan Pahlawan bangsa di tahun 1945.

Baca Juga:  Bukber dengan Guru SPAS-Satpol Pendidikan dan PPKB, Adnan Beberkan Prestasi Gowa

“Selamat Hari Pahlawan tahun 2023. Mari kita mendoakan para pahlawan yang telah gugur mendahului kita dan bersama-sama mewujudkan masa depan yang lebih baik, bersama kita bangun usaha dan ekonomi kerakyatan yang akan menjadikan Indonesia tumbuh menjadi negara yang makin maju, makin sejahtera,” harapnya.(rus)