Gowa  

Resmikan PPP Bungaya, Bupati Adnan : Seluruh Pelayanan Terintegrasi MPP

Masyarakat akan Terlayani dengan Cepat

Avatar photo

BUNGAYA— Pos Pelayanan Publik atau PPP yang dibangun Pemerintah Kabupaten Gowa di sembilan kecamatan dataran tinggi dipercaya mampu membantu pelayanan masyarakat jauh lebih cepat.

Hal tersebut ditegaskan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan saat meresmikan Pos Pelayanan Publik Kecamatan Bungaya, Minggu (24/3/2024).

Ia mengatakan PPP memang dirancang untuk mempermudah sekaligus mendekatkan pelayanan kepada masyarakat. Bagaimana tidak. Semua layanan yang ada di Pos Pelayanan Publik terintegrasi dengan sistem pelayanan di Mal Pelayanan Publik atau MPP pada beberapa SKPD terkait. Sehingga demikian, mampu mengurangi beban pengeluaran masyarakat tanpa harus datang ke Sungguminasa.

“Posisi Pos Pelayanan Publik ini hampir sama dengan Mal Pelayanan Publik yang kita bangun di Sungguminasa untuk seluruh jenis pelayanan,  namun Pos Pelayanan Publik dikhususkan bagi masyarakat dataran tinggi agar tidak perlu ke Sungguminasa dan itu akan menghemat biaya. Cukup ke Pos Pelayanan Publik karena nantinya semua jaringan atau sistem terkoneksi dengan pelayanan dinas terkait salah satunya pelayanan Disdukcapil,” ungkap Adnan.

Baca Juga:  Beautiful Malino Gerakkan Ekonomi Masyarakat

Beberapa pelayanan di Pos Pelayanan Publik yang terintegrasi dengan MPP, sebut Adnan yakni pengurusan KTP, KK, akte kelahiran, akte kematian dan pengurusan kependudukan lainnya yang merupakan kebutuhan sebagian besar masyarakat.

Tak hanya itu, dalam Pos Pelayanan Publik itu juga melayani pembayaran PBB, BPHTB, hingga pelayanan untuk perizinan berusaha maupun non berusaha.

“Alhamdulillah tahun ini telah selesai enam Pos Pelayanan Publik dan tahun ini juga tiga lainnya dalam tahap pembangunan. Ini sudah menjadi janji kami untuk mendekatkan pelayanan kepada masyarakat melalui pembangunan Pos Pelayanan Publik tersebut, sehingga diharapkan bisa dimnfaatkan seluruh lapisan masyarakat yang ada,” jelasnya.

Tokoh masyarakat Bungaya, Abd Rahman Dg Serang amat berbahagia dengan keberadaan Pos Pelayanan Publik. Ia juga mengaku bangga dengan pencapaian Pembangunan Gowa dibawah kepemimpinan Adnan-Kio akronim Bupati Adnan Purichta Ichsan dan wakilnya, H Abd Rauf Malaganni Karaeng Kio.

Baca Juga:  Pemkab Gowa Dorong Peran Desa Turunkan Angka Stunting

“Alhamdulillah keberadaan Pos Pelayanan Publik ini akan kita nikmati nantinya, karena jika ingin melakukan pengurusan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya lebih, tapi sudah dekat dengan datang ke kantor camat,” katanye.

Ia berharap pembangunan-pembangunan terus dilakukan Pemkab Gowa yang bisa dirasakan masfaatnya oleh masyarakat seperti Pos Pelayanan Publik ini.

Usai meresmikan Pos Pelayanan Publik, Bupati Gowa Didampingi Wakil Bupati Gowa, Abdul Rauf Malaganni dan Pj Sekretaris Daerah Kabupaten Gowa, Abdul Karim Dania Beserta Jajaran Forkopimda dan Pimpinan SKPD Lingkup Pemkab Gowa melaksanakan shalat tarawih bersama masyarakat Kecamatan Bungaya di Mesjid Al Ikhsan Dusun Bontosuro, Desa Bontomanai, Kecamatan Bungaya, sekaligus menyerahkan bantuan pembangunan masjid sebesar Rp 50 juta dan 2 (dua) unit alat pertanian hand traktor.(rus)