Gowa  

Resepsi Kenegaraan HUT Ke-78 RI, Pemkab Gowa Hadirkan Virzha Idol

Avatar photo

GOWA—–Pemkab Gowa menggelar resepsi kenegaraan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-78 Republik Indonesia di Pelataran Museum Istana Balla Lompoa, Kamis (17/8) malam.

Seperti tahun-tahun sebelumnya, acara resepsi kenegaraan HUT RI ini menghadirkan artis Nasional. Untuk edisi kali ini, Pemkab Gowa menghadirkan vokalis Dewa 19, Virzha.

Pelantun hits aku lelakimu itu tampil apik dan memesona semua tetamu yang hadir serta masyarakat Gowa.

Penyanyi jebolan Indonesian idol itu membawakan sejumlah tembang andalannya. Virzha juga sempat berduet dengan Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan.

Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan mengatakan resepsi kenegaraan tahun ini digelar sangat istimewa.

Kata dia, selama tiga tahun, acara resepsi kenegaraan digelar secara terbatas akibat Pandemi Covid-19. Tahun lalu, kegiatan resepsi kenegaraan HUT RI dilaksanakan di Rujab Bupati Gowa dengan menghadirkan solois, Cakra Khan.

“Tiga tahun kita tidak melaksanakan kegiatan seperti ini. Namun Alhamdulillah karena pemerintah telah menyatakan pandemi Covid-19 telah berakhir sehingga kita bisa melaksanakan kegiatan malam resepsi kenegaraan untuk seluruh lapisan masyarakat Kabupaten Gowa,” ungkap Adnan.

Baca Juga:  Orasi HJG 703 Tahun, Bupati Adnan : Kolaborasi Jembatan Utama Kemajuan Gowa

Ia mengatakan, makna kemerdekaan saat ini berbeda dengan masa perjuangan dulu. Menurut dia, sekarang, peran masyarakat bukan lagi melawan penjajah. Namun yang terpenting adalah bekerja sama dan berinovasi untuk membawa Kabupaten Gowa yang lebih baik dan lebih maju di masa yang akan datang.

“Peran kita saat ini bagaimana menuntaskan kemiskinan yang ada. Peran kita saat ini bagaimana mengurangi angka pengangguran yang ada dan peran kita saat ini berlomba-lomba dengan seluruh kabupaten/kota yang ada di Sulawesi Selatan bahkan di Indonesia agar terus mampu mencetak suatu prestasi demi prestasi,” jelas Adnan.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Adnan memberikan apresiasi kepada Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) Kabupaten Gowa yang dinilai sukses menjalankan tugas dengan sangat sempurna. Baik pada saat upacara pengibaran bendera detik-detik Proklamasi Kemerdekaan ke-78 RI, maupun pada upacara penurunan bendera duplikat Pusaka Merah-Putih.

Baca Juga:  Ratusan Pejabat Gowa Ikut Bimtek Core Values BerAkhlak

“Saya menyampaikan apresiasi dan rasa bangga saya kepada adik-adik Paskibraka yang telah mengibarkan dan menurunkan Bendera Merah Putih tanpa cacat sedikitpun. Saya boleh katakan sempurna dalam pengibaran Bendera Merah Putih,” sebut Adnan.

Selain dihibur oleh performa Virzha Idol, resepsi kenegaraan HUT ke-78 RI di Pelataran Museum Istana Balla Lompoa itu juga dirangkaikan dengan pengumuman pemenang sekaligus penyerahan hadiah lomba yang dilaksanakan oleh Pemkab Gowa.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Gowa, Kamsina selaku Ketua Panitia HUT Ke-78 RI Tingkat Kabupaten Gowa menyebutkan lomba yang dilaksanakan Pemkab Gowa untuk memeriahkan HUT Ke-78 RI tahun ini, antara lain lomba kebersihan, lomba menyanyi antar sekretaris/kabid SKPD, pertandingan bulu tangkis, lomba makan kerupuk dan balap karung.

Baca Juga:  Masyarakat Biringbulu Sebut Pos Pelayanan Publik Bukti Cinta AdnanKio

Juga ada lomba lari kelereng, memasukkan pensil ke dalam botol, senam antar SKPD, tarik tambang, pawai dan gerak jalan, lomba kupas bawang serta pukul bantal.

“Berbagai rangkaian kegiatan ini kita lakukan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengisi Kemerdekaan Republik Indonesia dan untuk membangun semangat kebangsaan, kebersamaan, kekompakan, jiwa kompetitif yang sehat dan kuat,” sebutnya.(rus)