Sulsel  

Raimuna Tingkat Nasional, Kwarda Sulsel Utus 1.017 Peserta

Avatar photo

MAKASSAR — Raimuna XII Tingkat Nasional di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta, 12-21 Agustus 2023 bakal dihadiri oleh 25 ribu anggota Pramuka se-Indonesia.

Khusus untuk Kwarda Sulsel mengutus 1.017 peserta. Wakil Ketua Kwarda Sulsel sekaligus Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan menyebutkan, jumlah peserta itu terdiri dari pramuka penegak, pandega, pembina pendamping serta 19 dokter.

“Penegak dan pandega itu meliputi 504 putra, 470 putri, ditambah 24 pembina pendamping dan 19 dokter dari masing-masing Kwartir Cabang,” sebut Adnan disela acara pelepasan kontingen Raimuna Sulsel dirangkaikan dengan Apel Besar Hari Pramuka ke-62 tahun di Rujab Gubernur Sulsel, Jalan Jenderal Sudirman, Makassar, Senin (7/8/2023).

Pada kesempatan itu, Adnan menyebut pramuka merupakan organisasi pendidikan karakter yang akan membantu meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) unggul di masa yang akan datang.

Baca Juga:  Soal Pj Gubernur Minta Sulsel Nomor Satu Bukan Dua, Kabid Humas: Ini Murni Budidaya Pisang Cavendish

“Pramuka ini adalah pendidikan karakter, jika kita ingin membangun SDM yang lebih baik maka pramuka ini perlu ditingkatkan di masa yang akan datang,” ungkapnya.

Adnan menyebut, di Kabupaten Gowa sendiri pihaknya sedang membangun Bumi Perkemahan Cadika sebagai miniatur dari Buper Cibubur.

Pembangunannya dilakukan secara bertahap. Untuk tahap pertama tahun lalu dianggarkan sebesar Rp5 miliar. Kemudian tahun ini sebesar Rp10 miliar.

“Insyaallah nantinya jika ingin berkegiatan pramuka khusus di Indonesia Timur, tidak perlu datang ke Buper Cibubur, Jakarta, tapi cukup datang ke Kabupaten Gowa saja,” katanya.

Hal senada diungkapkan Gubernur Sulsel yang juga Ketua Mabida Pramuka Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman. Ia menyampaikan, orang-orang yang mengikuti pramuka selalu mencari tantangan, bahkan organisasi ini bisa di segala medan.

Baca Juga:  Di Era Gubernur Andi Sudirman, Sulsel Masuk 10 Besar Penyusunan RKPD hingga Sukses Turunkan Stunting

“Sesuai dengan dasadharma pramuka, anak-anak kita yang ikut Pramuka memiliki kedisiplinan tinggi, mentalitas yang kuat. Sehingga jadi anak pramuka harus berbangga karena mental itu bisa terbentuj sejak siaga, penggalang hingga penegak,” jelasnya.

Andi Sudi pun berharap, seluruh peserta Kontingen Sulsel yang ikut pada Raimuna Nasional ini bisa menjadi pemimpin cerdas dan memiliki moral kepemimpinan dengan akhlak yang baik. (rus)