Berita  

Polda Sulsel Gelar Operasi Zebra, Incar 7 Jenis Pelanggaran

Avatar photo

MAKASSAR— Polri kembali menggelar Operasi Zebra Pallawa 2023 selama dua pekan. Terhitung mulai hari ini, Senin (4-18/9/2023).

Kapolda Sulsel, Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni Harso saat memimpin apel gelar pasukan Operasi Zebra Pallawa 2023  di Lapangan Upacara Mapolda Sulsel tadi pagi mengatakan, ada tujuh jenis pelanggaran yang diatensi dalam Operasi Zebra.

Tujuh jenis pelanggaran itu, yakni pengemudi atau pengendara ranmor yang menggunakan ponsel saat berkendara, pengemudi dibawah umur, berboncengan lebih dari satu orang dan pelanggaran over dimensi dan over loading atau Odol.

Selanjutnya, tidak menggunakan sabuk pengaman dan mengendara tanpa helm standar, pengendara di bawah pengaruh alkohol dan miras, melawan arus serta melebihi batas kecepatan.

Baca Juga:  Polda Sulsel Jumat Curhat di Gowa

“Tujuh jenis pelanggaran ini jadi atensi Operasi Zebra,” ungkap Irjen Pol Setyo Boedi.

Apel gelar pasukan Operasi Zebra itu diikuti para pejabat utama (PJU) Polda Sulsel serta instansi mitra kepolisian.

Kata Jenderal Bintang Dua itu, yang menjadi fokus perhatian dalam Operasi Zebra adalah tingkat kepatuhan masyarakat di jalan.

“Masyarakat harus paham bahwa lalu lintas adalah urat nadi kehidupan dan cermin budaya bangsa serta cermin tingkat modernitas,” tegasnya.

Mantan Wadan Brimob Polri itu mengatakan dalam Operasi Zebra, Polisi akan menangani pelanggaran dengan tindakan secara humanis persuasif dengan memberikan teguran simpatik dan atau tilang konvensional serta dengan Sistem E-TLE Statis San ETLE Mobile.

Baca Juga:  Jumat Curhat Polda Sulsel, Warga Gowa Pertanyakan Tilang ETLE

“Harapannya, digelarnya Operasi Zebra dapat menekan angka pelanggaran dan lakalantas serta meminimalisir fatalitas korban Laka lantas,” tandasnya.

Sementara itu, Kanit Turjawali Satlantas Polres Gowa Ipda Hamsal, saat menjadi pembina upacara di SMP Negeri 4 Gowa,  menyampaikan, sebelum Operasi Zebra digelar, pihaknya telah melakukan sosialisasi tertib berlalulintas di sekolah-sekolah. Baik itu tingkat SMP hingga SMA.

“Operasi Zebra Pallawa 2023 sudah berlangsung dan kegiatan sosialisasi tentang tertib berlalulintas di kalangan pelajar dilakukan secara serentak oleh perwira di Satlantas Polres Gowa di sekolah-sekolah yang ada di Kabupaten Gowa,” jelas Ipda Hamsal.(rus)