Berita  

Gerakan Penghijauan, Polda Sulsel Tanam 41.086 Pohon

Avatar photo

MAKASSAR— Gerakan penghijauan dilakukan Polda Sulawesi Selatan.  Sebanyak 41.086 pohon ditanam secara serentak di wilayah hukum Polda Sulsel, Rabu (23/8/2023).

Kapolda Sulsel, Irjen Pol Setyo Boedi Moempoeni Harso memimpin langsung penanaman pohon tersebut di Jalan Paccerakkang Daya Kota Makassar. Lahan yang ditanami pohon merupakan milik Polda Sulsel.

Aksi tanam pohon bertema “Polri Lestarikan Negeri Penghijauan Sejak Dini” ini juga dilaksanakan secara serentak pada seluruh jajaran Polri di tanah air.

Khusus untuk tingkat Nasional, penanaman pohon dipimpin oleh Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo yang juga diikuti para Kepala Kepolisian seluruh ASEAN di Labuan Bajo, Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Baca Juga:  Atasi Kekeringan, Polda Sulsel Bangun 40 Sumur Bor

Kapolri juga menggelar video konferensi bersama tamu, berdialog dengan para Kapolda dan anggota-anggota Polri yang ada di Polres dan Polsek.

“Ini tentu bermanfaat bagi masyarakat apabila terus dilestarikan. Harapannya setiap tahun ada kegiatan seperti ini yang tidak terputus,” ungkap Kapolda Sulsel, Irjen Setyo.

Jendral Bintang Dua itu menerangkan, penanaman pohon ini dilaksanakan di lahan resapan yang juga aset Polri yang perlu penghijauan.

Kata dia, program penanaman pohon ini akan terus berlanjut hingga awal Oktober 2023 mendatang.

“Penanaman pohon kedepannya dilakukan juga di lahan-lahan kosong,” tandas Irjen Setyo.

Sementara itu, Kapolres Gowa, AKBP R.T.S Simanjuntak mengatakan, penanaman pohon ini merupakan aksi nyata Polri dalam melestarikan bumi.

Baca Juga:  Stroke Tapi Tetap Aktif Bertugas, Anggota Polda Sulsel Dapat Bantuan Rumah

Kegiatan penanaman pohon itu dipusatkan di Kawasan Sekolah Sungai Jeneberang.

“Pohon-pohon yang ditanam di sepanjang sungai tidak hanya akan memberikan manfaat ekologis, tetapi juga dapat mengurangi risiko erosi dan banjir di masa mendatang serta menjadikan bantaran sungai lebih rindang dan sejuk,” tukasnya. (rus)