Gowa  

PKK Gowa Siap Ramaikan Festival B2SA-Lomba LMSI Tingkat Sulsel

Avatar photo

GOWA—- TP PKK Kabupaten Gowa bakal ikut meramaikan Festival Lomba Pangan Beragam, Bergizi, Seimbang, dan Aman (B2SA) dan Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) tingkat Sulsel.

Persiapan untuk tampil di ajang itu terus dimatangkan. Selasa (18/7/2923) kemarin, pengurus dan kader PKK Gowa menggelar Rapat Koordinasi (Rakor) membahas kesiapan tampil di Festival B2SA-LMSI tingkat Sulsel. Rakor tersebut dipimpin Ketua TP PKK Gowa, Priska Paramita Adnan.

“Kabupaten Gowa turut serta dalam Lomba Festival Menu B2SA dan Lomba Masak Serba Ikan (LMSI) tingkat Sulsel. Pada live cooking nanti, Ketua TP PKK Bajeng dan Lurah Limbung. Sementara dari Somba Opu dipilih Lurah Bonto-Bontoa dan Kalegowa,” ungkap Priska.

Baca Juga:  Empati Palestine, Pemkab Gowa Kirimkan Bantuan Rp472 Juta

Isteri Bupati Gowa, Adnan Purichta Ichsan itu berharap, melalui festival ini  mampu menumbuhkan minat masyarakat untuk mengolah potensi bahan pangan lokal menjadi pangan yang sehat dan aman dengan komposisi gizi yang seimbang.

“Disamping itu pula untuk memberikan nilai ekonomis dan nilai tambah pengolahan dan pemanfaatan produk pangan lokal yang berkelanjutan,” jelasnya.

Secara umum, lanjut Priska, Festival Lomba B2SA ini untuk meningkatkan pemahaman masyarakat dalam penerapan prinsip beragam, bergizi seimbang dan aman dengan memanfaatkan olahan pangan lokal.

Tidak sekadar itu. Pun mendorong kreativitas dan inovasi dalam pengembangan olahan pangan lokal yang bernilai komersial.

“Ini untuk memanfaatkan bahan lokal yang ada di setiap wilayah, selain itu dengan kegiatan ini juga dapat tercipta menu-menu baru dalam upaya penanganan penurunan stunting,” terang jebolan Indonesian Idol itu.

Baca Juga:  Hargai Jasa Pahlawan, Pemkab Gowa Ziarah Makam Sultan Hasanuddin-Syekh Yusuf-Karaeng Pattingalloang

Sementara itu, Wakil Ketua III TP PKK Kabupaten Gowa, Ina Mundoap menerangkan, Lomba Masak Serba Ikan tingkat Provinsi Sulawesi Selatan ini bertujuan menyebarluaskan informasi tentang kandungan dan manfaat bagi kesehatan dan kecerdasan anak. Kemudian meningkatkan pengetahuan dan keterampilan memasak menu keluarga berbahan baku ikan.

“Lewat lomba ini kita bisa memperkenalkan ragam menu dan masakan berbahan baku ikan kepada masyarakat luas,” sebut Ina.

Isteri mantan Kadis PUPR Gowa, (Alm) Mundoap itu berharap, dengan mengikuti kegiatan Festival Lomba B2SA dan Lomba Masak Serba Ikan ini dapat menekan angka stunting yang ada di Kabupaten Gowa.

“Kita harapkan kegiatan ini bisa hadirkan kreasi menu-menu baru dari bahan lokal dan tentu saja sebagai upaya kita menekan angka stunting khususnya di Kabupaten Gowa,” pungkasnya.(rus)