Sulsel  

Peningkatan Kemampuan Membaca Mahasiswa Business English Communication dengan Microsoft Reading Progress

MAKASSAR – Untuk meningkatkan kemampuan membaca mahasiswa Business English Communication (BEC), dosen dari Universitas Negeri Makassar (UNM), Universitas Hasanuddin (Unhas), dan GARUDA-21 bekerja sama dalam sebuah kegiatan inovatif yang menggunakan Microsoft Reading Progress.

Kegiatan ini bertujuan untuk membantu mahasiswa mengembangkan keterampilan membaca mereka melalui penggunaan teknologi canggih.

Microsoft Reading Progress adalah alat yang dirancang untuk meningkatkan kemampuan literasi dengan memberikan umpan balik yang mendetail dan personal kepada setiap mahasiswa.

Menurut Yunitari Mustikawati, dosen Sastra Inggris UNM, aplikasi ini memungkinkan mahasiswa untuk berlatih membaca dengan lebih efektif.

“Microsoft Reading Progress memberikan umpan balik yang cepat dan akurat, membantu mahasiswa mengidentifikasi area yang perlu diperbaiki. Ini sangat berguna dalam meningkatkan kecepatan dan kefasihan membaca mereka,” ujarnya.

Baca Juga:  Tamatkan Siswa-siswinya, Kepala Sekolah Harap Lulusan PAUD Anak Masa Depan Jeneponto Optimis Siap Berkarya

Rudy Yusuf, dosen Sastra Jepang Unhas, menambahkan bahwa teknologi ini memungkinkan dosen untuk mengidentifikasi kelemahan spesifik setiap mahasiswa dan memberikan latihan yang sesuai.

“Kami berharap adanya peningkatan signifikan dalam kemampuan membaca mahasiswa setelah menggunakan alat ini,” katanya.

Selain itu, aplikasi ini juga dapat dimanfaatkan pada mata kuliah English for Journalism. Miss Novi menambahkan,

“Kemampuan membaca yang baik sangat penting bagi mahasiswa Bahasa Inggris. Dengan menggunakan Microsoft Reading Progress, mereka dapat lebih percaya diri dalam membaca teks berita dengan lebih baik dan cepat.”

Salah satu mahasiswa, Marshanda Anastasya Regina Suharto, berbagi pengalamannya menggunakan aplikasi ini.

“Saya merasa Microsoft Reading Progress benar-benar membantu dalam mengasah kemampuan membaca saya. Dengan fitur ini, saya bisa merekam diri saat membaca dan menerima umpan balik otomatis tentang bagian yang perlu diperbaiki. Hal ini membuat belajar terasa lebih seru karena saya bisa memantau kemajuan saya sendiri secara berkala. Selain itu, latihan ini memberikan saya kesempatan untuk berlatih membaca tanpa tekanan, sehingga saya merasa lebih percaya diri setiap kali melakukannya,” katanya.

Baca Juga:  Mahasiswa Unhas Temukan Obat Baru TB, Namanya Rifampisin

GARUDA-21, sebagai mitra dalam kolaborasi ini, menyediakan dukungan teknis dan pelatihan bagi dosen dan mahasiswa. Dengan adanya kolaborasi ini, diharapkan mahasiswa Business English Communication dapat lebih siap menghadapi dunia kerja yang semakin kompetitif dan global.

Kegiatan ini juga menunjukkan pentingnya integrasi teknologi dalam pendidikan untuk mencapai hasil yang lebih baik. ***