Niaga  

Opening Ceremony Bulan K3, Pertamina Sulawesi Tekankan Kesehatan dan Keselamatan Kerja

MAKASSAR – PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi menggelar opening ceremony Bulan K3 (Keselamatan dan Kesehatan Kerja) Tahun 2024 di Kantor Regional Sulawesi pada Jum’at (26/1).

Bulan K3 merupakan kegiatan rutin setiap tahun yang dilaksanakan PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi agar para Pekerja dan Mitra Kerja di lingkungan Regional Sulawesi senantiasa menerapkan budaya kerja aman dan sehat guna menurunkan angka kecelakaan kerja, penyakit akibat kerja, kebakaran, pencemaran lingkungan dan gangguan keamanan yang dapat mengakibatkan kerugian terhadap asset, sumber daya manusia, lingkungan dan citra Perusahaan.

Berdasarkan Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 244 Tahun 2023 tema pokok nasional pelaksanaan bulan K3 Tahun 2024 adalah “Budayakan K3, Sehat dan Selamat Dalam Bekerja, Terjaga Keberlangsungan Usaha”.

Berdasarkan tema nasional tersebut Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi melalui fungsi Health Safety Security & Environment (HSSE) mengangkat tema regional Bulan K3 yakni “HSSE EWAKO 2024”.

Kegiatan opening ceremony bulan K3 dibuka oleh Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi dan diikuti oleh Pekerja dan Mitra Kerja di lingkungan Regional Sulawesi.

Baca Juga:  Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi Raih 2 PROPER Emas, Bukti Komitmen pada Lingkungan dan Masyarakat Sekitar

Kegiatan yang diawali dari senam 12 Corporate Life Saving Rules (CLSR) untuk menyemangati dan membuat tubuh bugar sebelum beraktivitas dan kemudian dilanjutkan ke Gallery Wall yang menampilkan simulasi Asset Integrity untuk mempelajari bahaya dilokasi kerja.

Executive General Manager Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Erwin Dwiyanto dalam sambutannya menyampaikan, “Peringatan bulan K3 ini merupakan momentum untuk selalu mengingat bahwa hasil kerja yang baik tidak terlepas dari kesadaran Pekerja dan Mitra Kerja dalam membangun budaya K3 yang baik. Rangkaian peringatan bulan K3 ini diharapkan menjadi langkah konsisten kita dalam penerapan aspek HSSE secara berkelanjutan sehingga tercapainya zero accident di lingkungan kerja perusahaan,” ucap Erwin.

Selain itu turut hadir juga dr. Grace M. Tombilayuk, Sp. GK selaku narasumber Healthy Talk dengan tema “Mindful Eating” dalam rangka memperingati Hari Gizi Nasional yang dirangkaikan dengan acara pembukaan bulan K3 ini, Grace mengungkapkan bahwa pentingnya menjaga kesehatan diri dalam aktivitas keseharian.

Baca Juga:  Pertamina Ubah 260 SPBU di Sulawesi Melalui Program Retail Make Over

“Dalam menjaga kesehatan para Pekerja dan Mitra Kerja sekalian, pentingnya asupan gizi yang cukup sehingga dapat beraktifitas maksimal dalam bekerja. Pentingnya fokus dengan kesadaran penuh saat sedang makan akan membuat kualitas makan kita bertambah. Selain itu mengutamakan kebersihan juga dapat mendukung gaya hidup yang sehat, dan rajin berolahraga yang rutin serta merilekskan pikiran,” tuturnya.

Area Manager Communication, Relation, dan CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw, menyampaikan rangkaian kegiatan HSSE.

“Kegiatan HSSE EWAKO 2024 akan berlangsung selama kurang lebih 1 (satu) bulan dengan beberapa rangkaian kegiatan yang dikemas dalam dalam bentuk pelatihan, upskilling pengetahuan dan keterampilan, fun games, dan individual/group challenge aspek HSSE,” ujar Fahrougi.

Lebih lanjut Fahrougi menyampaikan bahwa pelaksanaan bulan K3 ini bukan semata-mata untuk diperingati, namun harus diaplikasikan pada praktik kehidupan sehari-hari.

Baca Juga:  Awarding Mitra Retail Sales Apresiasi Pertamina Bagi Mitra Bisnis Terbaik di Regional Sulawesi

“Kami berharap setelah pelaksanaan kegiatan ini, para Pekerja maupun Mitra Kerja Pertamina semakin menyadari pentingnya aspek HSSE dan semakin bertambah tingkat keahliannya dalam menghadapi keadaan darurat sehingga dapat menekan resiko kerugian dan berdampak tinggi terhadap peningkatan produktivitas Perusahaan”, imbuh Fahrougi. ***