Berita  

Lebaran 1445H, Puncak Arus Mudik di Pelindo Regional 4 Mulai H-4 Hingga H+10

MAKASSAR – PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 memprediksi puncak lonjakan arus penumpang mudik di seluruh pelabuhan kelolaan Pelindo di Regional 4 pada momen Lebaran Idul Fitri 1445 Hijriah (H) sudah terjadi sejak H-4 dan puncak arus balik diperkirakan pada H+10 hari raya.

Diketahui, libur hari raya besar keagamaan selalu menjadi momen yang dinantikan. Termasuk momen Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran yang setiap tahun selalu ditunggu seluruh umat Muslim untuk melakukan mudik ke kampung halaman masing-masing.

Kegiatan mudik menjelang Lebaran yang hanya ada di Indonesia, merupakan momen yang sangat dinantikan oleh hampir seluruh umat Muslim di negeri ini.

Menghadapi musim mudik Lebaran Idul Fitri 1445 H, Executive Director 4 Pelindo Regional 4, Abdul Azis mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan berbagai langkah dan upaya untuk mengantisipasi lonjakan arus penumpang di seluruh pelabuhan kelolaan di Regional 4 yang diprediksi bakal mengalami peningkatan sebesar 6% pada momen Lebaran tahun ini.

“Misalnya kita telah melakukan peningkatan fasilitas di Pelabuhan Makassar, membuat Ruang Tunggu Sementara (RTS) di Pelabuhan Balikpapan dan Pelabuhan Ambon, serta melaksanakan transformasi terminal penumpang di Pelabuhan Samarinda, Ambon, dan Pelabuhan Nunukan,” tutur Abdul Azis.

Selain itu, pihaknya juga melakukan peningkatan pola operasi, digitalisasi, dan pemenuhan fasiltas lainnya seperti penambahan kursi, AC, serta perbaikan toilet di ruang tunggu penumpang. Juga meningkatkan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) agar pelayanan yang diberikan menjadi lebih optimal dan maksimal.

Baca Juga:  Angkatan 96 SMA Kacak Temu Kangen Pertama di Hotel Max One

Abdul Azis menyebutkan, adapun prediksi peningkatan jumlah penumpang di momen mudik Lebaran tahun ini yaitu sebanyak 785.880 orang, dari sebanyak 741.396 orang penumpang yang naik dan turun di semua pelabuhan kelolaan Pelindo di Regional 4 pada momen mudik Idul Fitri tahun lalu.

Lima pelabuhan dengan catatan jumlah arus penumpang terbanyak di momen mudik Lebaran tahun lalu yakni Pelabuhan Makassar dengan 107.875 penumpang, Pelabuhan Parepare 85.733 penumpang, lalu Pelabuhan Balikpapan 82.358 penumpang, kemudian Pelabuhan Ambon sebanyak 79.596 penumpang dan Pelabuhan Ternate 66.470 penumpang.

Pihaknya memprediksi tahun ini kondisi yang sama juga akan terulang di lima pelabuhan tersebut, mengingat selama beberapa tahun terakhir Pelabuhan Makassar, Parepare, Balikpapan, Ambon, dan Pelabuhan Ternate kerap tercatat sebagai lima besar pelabuhan dengan jumlah penumpang mudik terbanyak di Regional 4.

Siapkan Mudik Gratis
Sementara itu seperti tahun-tahun sebelumnya, tahun ini Pelabuhan Makassar juga menjadi salah satu pelabuhan yang menjadi titik start perjalanan Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 yang digelar Pelindo bersama salah satu anak usaha, Subholding Pelindo Jasa Maritim (SPJM).

Baca Juga:  Nataru 2023, Diprediksi Arus Penumpang di Pelabuhan Makassar Meningkat 30 Persen 

Mudik Asyik Bersama BUMN 2024 yang disediakan gratis bagi penumpang kapal lanjutan ini terdiri dari dua rute tujuan Makassar – Palopo dan Makassar – Bulukumba dengan titik start dari Terminal Penumpang Pelabuhan Makassar.

“Mudik Gratis yang digelar SPJM ini adalah bagian dari program Mudik Gratis Bersama BUMN dan Pelindo Group yang merupakan salah satu Program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) Perusahaan,” kata Tubagus Patrick Tribudi Utama Iskandar, Sekretaris Perusahaan SPJM.

Patrick menyampaikan bahwa tahun ini SPJM menyediakan sebanyak 270 kursi untuk rute tujuan Makassar – Palopo dan sebanyak 30 kursi untuk rute tujuan Makassar – Bulukumba.

Pemudik yang disasar adalah masyarakat yang turun dari kapal di Pelabuhan Makassar dan masyarakat umum yang akan balik ke kampung halamannya di Palopo dan Bulukumba, serta beberapa kabupaten yang dilalui bus tersebut.

Beberapa kabupaten yang dilalui sebelum tiba di Palopo adalah Maros, Pangkep, Barru, Parepare, dan Sidrap. Sedangkan kabupaten yang dilewati saat menuju Bulukumba adalah Gowa, Takalar, Jeneponto, dan Bantaeng.

Menurut Patrick, pihakya menyediakan bus yang nyaman untuk dipakai selama mudik nanti. Para penumpang juga akan mendapatkan nasi kotak, takjil, dan minuman sebagai bekal di perjalanan.

Baca Juga:  Kasat Intelkam Berganti, Kapolres Gowa Rangkap Jabat Kasikum

Diharapkan para calon pemudik yang ingin memanfaatkan kuota gratis ini agar segera mendaftarkan diri melalui link yang ada di media sosial milik SPJM, yakni @pelindomaritim.

Selanjutnya, para calon pemudik dapat memindai barcode atau kode batang yang akan mengantarkan mereka ke nomor kontak sesuai rute yang dipilih nanti.

Sebagaimana program mudik gratis tahun lalu, peserta mudik gratis tahun ini juga akan dilepas dari Terminal Penumpang Pelabuhan Makassar.

Pihaknya berharap program ini dapat mengantarkan para pemudik untuk tiba dengan selamat di tempat tujuan dan berkumpul bersama keluarga tercinta pada Hari Raya Idul Fitri nanti.***