Gowa  

Kader PKK Gowa Digembleng Keterampilan Membatik

Avatar photo

GOWA—–Tim Penggerak PKK Kabupaten Gowa membuktikan komitmennya untuk mendorong keterampilan kader.

Salah satunya dengan menggandeng Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (PMD) Gowa melaksanakan kegiatan pelatihan membatik di Hotel Grand Imawan, Makassar, Selasa (1/8).

Kepala Dinas PMD Kabupaten Gowa, Muhammad Basir menjelaskan, kegiatan ini sejalan dengan tujuan dari program PKK melalui Pokja III yaitu peningkatan pengetahuan keterampilan menciptakan lapangan kerja melalui usaha sandang termasuk batik.

“Ini tentu untuk mewujudkan kesejahteraan warga masyarakat PKK desa dan kelurahan melalui binaan PKK Kabupaten Gowa,” kata Muhammad Basir saat membuka langsung pelatihan membatik TP PKK Gowa Tahun 2023.

Melalui pelatihan, kader PKK Gowa digembleng membuat batik dengan teknik shibori dan ecoprint. Dimana peserta diberikan praktek keterampilan untuk membuat batik dengan teknik pola pada kain yang terbuat dari bahan serat alam.

Baca Juga:  PKK Kabupaten Batubara Studi Tiru Sektor Pertanian-Pariwisata ke Gowa

Di antaranya kain katun dengan menggunakan motif pewarna dan pewarna dari alam seperti daun dan bunga.

“Olehnya itu saya berharap dalam pelatihan membatik ini sebagai upaya mendorong kemandirian ekonomi warga lewat kreativitas para ibu rumah tangga dan ibu-ibu PKK dengan memproduksi kain batik celup maupun batik tulisan tangan,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Pokja III Lia Rahmansyah menjelaskan, tujuan dari pelaksanaan pelatihan ini adalah untuk mengembangkan dan melestarikan warisan budaya Indonesia terutama batik.

“Selain itu meningkatkan pengetahuan keterampilan dan kemampuan membatik Tim para Tim Penggerak PKK Kabupaten dan penggerak PKK Kecamatan se-Kabupaten Gowa,” ujarnya.

Lia Rahmansyah berharap dalam kegiatan pelatihan ini dapat dilakukan secara sungguh-sungguh dan mampu meningkatkan dan mengembangkan keterampilan di bidang membatik sehingga tercipta batik khas atau batik hasil kreativitas masing-masing peserta.

Baca Juga:  Gowa Incar WTP ke-12

“Saya berharap kepada seluruh ibu-ibu yang hadir pada hari ini untuk dapat mengikuti pelatihan dengan sungguh-sungguh hingga tanggal 3 mendatang dan diharapkan dengan adanya pelatihan ini nantinya dapat menghasilkan karya-karya baru bagi kita tim penggerak PKK Kabupaten dan juga Kecamatan,” tuturnya.

Adapun mentor membatik ini, PKK Gowa menghadirkan Guru SMK Negeri 3 Gowa, Desma Yuliati dan Drs Abidin B. Kegiatan ini berlangsung tiga hari,  1- 3 Agustus 2023. (rus)