Wabup Gowa : Dari Rakernas APEKSI Lahir Gagasan Cemerlang

Avatar photo

MAKASSAR—– Rapat Kerja Nasional (Rakernas) ke-XVI Asosiasi Pemerintah Kota Seluruh Indonesia (APEKSI) mulai berlangsung. Acara pembukaan digelar di Upper Hills Makassar, Rabu (12/7).

Pembukaan Rakernas Ke-XVI APEKSI Tahun 2023 ini dihadiri 50 walikota se-Indonesia. Plus sejumlah kepala daerah se-Sulawesi Selatan.

Salah satunya Wakil Bupati Gowa, Abd Rauf Malaganni. Pria yang karib disapa Karaeng Kio ini mengapresiasi pelaksanaan Rakernas APEKSI 2023 di Makassar.

Ia mengatakan, Rakernas APEKSI di Kota Makassar ini menjadi panggung bagi  walikota yang ada di Indonesia untuk memberi masukan-masukan tentang program pembangunan ke depan. Sehingga, lahir gagasan cemerlang bagi kemajuan daerah.

“Dengan gagasan-gagasan yang dikemukakan pada Rakernas 2023 ini diharapkan akan bisa membantu dalam peningkatan kesejahteraan bangsa Indonesia kedepannya,” kata Karaeng Kio.

Baca Juga:  Mahasiswa KKN Diusir Warga karena Video Kontroversial yang Jelekkan Fasilitas Desa, Netizen Geram

Wabup Gowa juga berharap, Rakernas ini mampu melahirkan program kerja atau gagasan yang cemerlang sehingga dapat membangun bangsa dan negara.

“Harapannya semoga dalam Rakernas ini melahirkan banyak program kerja dan gagasan cemerlang yang dapat membangun bangsa dan negara,” pungkasnya.

Sementara itu, Ketua Dewan Pengurus APEKSI, Bima Arya Sugiarto menuturkan, kegiatan APEKSI ini tidak hanya sekedar seremonial, tetapi lebih dari itu, APEKSI berbicara mengenai substansi.

“Rakernas APEKSI ini tidak hanya sekadar tarian, ceremony, atau ekspresi seni. Tapi disini kita bicara substansi,” kata Walikota Bogor ini.

Pada kesempatan ini juga, ada sejumlah pesan yang Bima Arya sampaikan diantaranya, APEKSI konsisten mengawal otonomi.

Baca Juga:  Sukses Kembangkan Infrastruktur, Pemkab Gowa Terima Penghargaan dari GATRA Group

“APEKSI konsisten mengawal otonomi. Otonomi ini tentu bukan hanya sekadar kekuasaan, kewenangan, tapi otonomi itu untuk menciptakan kesejahteraan, dan memakmurkan bangsa,” tuturnya.

Pesan kedua yang disampaikan, yakni menghadapi Indonesia Emas Tahun 2045 dengan konsolidasi, kolaborasi dan kaderisasi.

“Kita akan memasuki Indonesia emas 2045, 2045 bangsa ini akan berada pada posisi 4 dunia. Tapi kondisi Indonesia menuju 2045 tidak akan realitistis jika kita raih tanpa konsolidasi, kolaborasi dan kaderisasi,” pungkasnya.

Rencananya, pada Rakernas APEKSI 2023 terdapat rangkaian acara yang menghadirikan ketiga tokoh Bacalon Presiden yang akan maju di Pilkada 2024 untuk membahas isu-isu yang akan dihadapi kedepannya.

Diantaranya Menteri Pertahanan (Menahan) RI Letjen (Purn) Prabowo Subianto, yang dijadwalkan hadir pada tanggal 13 Juli. Pun hadir Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo. (rus)