Berita  

Persiapan Verifikasi Adipura, Dinas Damkar Makasar Lakukan Penyemprotan Echo Enzim di TPA Antang

MAKASSAR – Persiapan penilaian Adipura, Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) lakukan penyemprotan echo enzim di lokasi TPA Antang, yang nantinya akan menjadi salah satu titik penilaian dari tim verifikasi dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI.

Sebanyak 3 unit armada berkapasitas 8.000 liter diturunkan, dalam penyemprotan ini. Echo enzim merupakan cairan organik yang memiliki banyak manfaat diantaranya untuk mengurangi karbon dioksida di udara penyebab polusi (CO2) ke atmosfer dan mengikat panas di awan.

Penyemprotan echo enzim ini bertujuan untuk menciptakan kondisi kualitas udara menjadi lebih baik.

Penyemprotan dilakukan dengan berkoordinasi dengan beberapa OPD terkait lainnya diantaranya Dinas Lingkungan Hidup dan juga organisasi INLA.

Baca Juga:  Jelang Operasi Mantap Brata, Kasat Lantas Polres Gowa Cek Randis 

“Larutan echo enzim guna memaksimalkan penguraian dan polusi akibat penumpukan sampah di TPA Antang, adapun komposisinya yakni sebanyak 10 liter echo enzim yang dicampurkan kedalam 8.000 liter, sehingga digunakan sebanyak 30 liter echo enzim,” ujar Kadis Damkar, Hasanuddin pada  Senin, 29 Januari 2024.

Sesuai dengan arahan dari wali kota Makassar agar seluruh OPD, pemerhati lingkungan, bahkan dengan partisipasi dari seluruh masyarakat, tentunya optimis dapat meraih kembali Adipura.

Sebelumnya telah dilakukan pula secara serentak aksi kerja bakti, oleh seluruh OPD dan pemerhati lingkungan di Kota Makassar. ***