Sulsel  

Momen Mudik Lebaran, Penumpang di Pelabuhan Makassar Diprediksi Naik 6 Persen

MAKASSAR – Momen hari raya besar keagamaan selalu menjadi momen yang dinantikan utamanya bagi masyarakat Indonesia yang merayakan. Termasuk momen Hari Raya Idul Fitri atau Lebaran yang setiap tahun selalu ditunggu seluruh umat Muslim.

Selain merayakan hari kemenangan usai berpuasa selama sebulan penuh, mudik menjelang Lebaran yang hanya ada di Indonesia, merupakan momen yang sangat dinantikan hampir seluruh umat Muslim di negeri ini.

Mengantisipasi momen mudik yang sudah pasti akan menyebabkan lonjakan angka jumlah penumpang mudik ke kampung halaman masing-masing terutama yang menggunakan moda transportasi kapal laut, PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4 Makassar setiap tahun selalu melakukan berbagai persiapan.

“Kita ketahui bahwa Pelabuhan Makassar adalah pelabuhan terbesar di wilayah timur Indonesia dan selalu menjadi pelabuhan yang terbanyak arus penumpang yang turun dan naik kapal khusus di momen mudik Lebaran Idul Fitri,” kata General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Makassar, Iwan Sjarifuddin.

Baca Juga:  Mudik Gratis! Kuota Terbatas Pemudik untuk Dua Rute dari Pelindo Jasa Maritim

Berbagai fasilitas pun telah disiapkan Pelindo Regional 4 Makassar jauh hari sebelum memasuki bulan Ramadan. Menurut Iwan, selain menyiapkan fasilitas dan melakukan peningkatan pelayanan yang telah ada selama ini, pihaknya juga melakukan peningkatan kompetensi Sumber Daya Manusia (SDM) agar pelayanan yang diberikan terutama di saat peak season arus penumpang kapal nantinya menjadi lebih optimal dan maksimal.

Prediksi Jumlah Penumpang Naik 6 Persen
Diketahui bahwa Pelabuhan Makassar yang menjadi hub di Kawasan Timur Indonesia (KTI) selalu mencatat jumlah penumpang yang paling banyak, khususnya di musim mudik Lebaran, dibandingkan pelabuhan-pelabuhan lain di bawah kelolaan Pelindo Regional 4, yakni di antaranya Pelabuhan Kendari, Pantoloan, Manado, Bitung, Gorontalo, Balikpapan, Jayapura, dan Pelabuhan Merauke di Papua.

Baca Juga:  Penerbangan Rute Makassar - Banjarmasin Resmi Beroperasi

Iwan menuturkan bahwa Lebaran tahun lalu pihaknya berhasil mencatat penumpang naik dan turun di Pelabuhan Makassar sebanyak 107.875 orang. “Mengalami trend pertumbuhan sebesar 122,06% dibandingkan dengan musim mudik pada 2022 lalu,” kata dia.

Di momen mudik Lebaran tahun ini, dia menyebutkan bahwa diprediksi arus penumpang yang naik dan turun di Pelabuhan Makassar akan meningkat sebesar 6% dibandingkan dengan jumlah arus penumpang embarkasi dan debarkasi di periode yang sama tahun lalu.

“Diprediksi musim mudik Lebaran tahun ini jumlah arus penumpang kapal di Pelabuhan Makassar akan sebanyak 114.348 orang,” sebutnya.

Adapun puncak arus mudik nanti tambah GM Pelindo Regional 4 Makassar, berada di H-10 dan H+10 Lebaran Idul Fitri 1445 H.

Baca Juga:  Puncak Arus Balik di Pelabuhan Makassar Diperkirakan H+10 Idulfitri 1445 H

Dia berharap momen mudik Lebaran tahun ini berjalan aman, nyaman, dan lancar, sehingga para pemudik yang menggunakan moda transportasi laut bisa merayakan Hari Raya Idul Fitri bersama keluarga tercinta di kampung halaman masing-masing.***