Niaga  

Ketersediaan Avtur Pertamina Untuk Kepulangan Hajj Flight 2023 Wilayah Sulawesi Terpenuhi

Atas dukungan pelayanan Hajj Flight yang berjalan dengan baik ini, Garuda Indonesia yang merupakan maskapai penyedia layanan hajj flight memberikan sertifikat penghargaan kepada PT Pertamina Patra Niaga DPPU Hasanuddin.

MAKASSAR – Periode Hajj Flight tahun 2023 di Bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar yang merupakan titik embarkasi/debarkasi haji wilayah Indonesia Timur telah resmi berakhir pada tanggal 4 Agustus 2023.

Para jamaah haji telah sampai ke tanah air Indonesia. PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi melalui DPPU Hasanuddin Makassar sebagai penyedia avtur bahan bakar pesawat telah menyelesaikan tugasnya dengan memastikan ketersediaan avtur untuk kepulangan haji tahun ini.

Region Manager Corp. Oper. & Serv. Sulawesi, Wisnu Fajar Baskoro, dalam acara Seremoni Penutupan Hajj Flight 2023 di Hotel Dalton pada Jumat, 11 Agustus 2023 menyampaikan jumlah konsumsi avtur untuk penerbangan haji 2023 mengalami peningkatan kebutuhan avtur sebesar 47% dibandingkan tahun 2022 dikarenakan jemaah haji yang berangkat pada tahun ini meningkat dua kali lipat.

Jumlah tersebut dikarenakan kondisi tahun lalu masih pandemi dan adanya pengurangan kuota ibadah haji di Sulawesi Selatan yang hanya sebanyak 36 kloter, sementara pada tahun ini ada peningkatan jumlah kloter menjadi 41 kloter.

Baca Juga:  Gandeng Rumah Kreatif BUMN Kota Makassar, Pertamina Patra Niaga Sulawesi Gelar Pelatihan UMK Naik Kelas

”DDPU Hasanuddin Makassar telah merealisasikan kebutuhan avtur untuk hajj flight sebanyak 714 Kiloliter (KL) pada fase pertama (keberangkatan) yang dimulai tanggal 24 Mei 2023 hingga 22 Juni 2023 dan 3.825 KL untuk fase kedua (kepulangan) yang dimulai pada 3 Juli 2023 hingga 8 Agustus 2023 lalu. Realisasi tersebut melebihi jumlah permintaan avtur dari Maskapai Garuda Indonesia untuk keberangkatan dan kepulangan jamaah haji”, ujar Wisnu.

Atas dukungan pelayanan Hajj Flight yang berjalan dengan baik ini, Garuda Indonesia yang merupakan maskapai penyedia layanan hajj flight memberikan sertifikat penghargaan kepada PT Pertamina Patra Niaga DPPU Hasanuddin.

“Hal ini menjadi motivasi kepada kami untuk terus meningkatkan pelayanan prima kepada para pelanggan kami, Ewako!”, ungkap Wisnu.

Diwawancara pada kesempatan lain, Area Manager Communicatin, Relation, & CSR Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi, Fahrougi Andriani Sumampouw, menyampaikan apresiasinya kepada semua stakeholder yang telah berpartisipasi dalam mendukung pelayanan dan penerbangan haji 2023.

Baca Juga:  Pertamina dan Kepolisian Daerah Sulawesi Selatan Tandatangani Kontrak Kerjasama Pembelian BBM dan Pelumas Tahun 2024

“Kami mengucapkan terima kasih kepada segenap pihak yang turut bekerja sama untuk mendukung kelancaran pelayanan penyaluran avtur Pertamina untuk Hajj Flight tahun ini, semoga tahun depan kami dapat memberikan kembali yang terbaik”, ujar Fahrougi.

Sebagai informasi, terdapat beberapa layanan refueling hajj flight Sulawesi yang telah dilakukan agar pelaksanaan haji flight 2023 berjalan dengan lancar dan aman seperti, melakukan kordinasi secara intens dengan pihak terkait untuk memastikan ketahanan stok.

Koordinasi secara intens dengan pihak terkait untuk pelaksanaan pengisian pesawat sehingga dapat berjalan sesuai dengan jadwal Haji Flight yang dijadwalkan, optimalisasi ketersedian Manpower dan Manteinance Sarfas yang cukup sehingga tidak perlu penambahan dari lokasi lain.

Dan juga melaksanakan program 12 inisitif HSSE di lokasi DPPU Hasanuddin Group sehingga safety awareness DPPU dapat meningkat dan terjaga selama pelaksanaan Haji Flight 2023.

“Alhamdulillah atas kembalinya para jamaah ke tanah air dengan selamat, bisa berkumpul kembali bersama keluarga dan semoga menjadi haji yang mabrur. Kita juga berdoa semoga apa yang telah semua pihak lakukan bersama dalam pelayanan dan pelaksanaan haji tahun ini bernilai pahala di sisi Allah”, tutup Fahrougi di akhir wawancara.***