Sulsel  

Inseminasi Buatan Jadi Harapan Baru Peternak Bulukumba untuk Tingkatkan Produksi

BULUKUMBA – Program Inseminasi Buatan (IB) menjadi harapan baru bagi para peternak sapi di Kabupaten Bulukumba. Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Selatan (Sulsel) dibawah kepemimpinan Penjabat Gubernur Bahtiar Baharuddin saat ini sedang menggalakkan IB untuk meningkatkan produksi ternak, khususnya sapi.

Salah satu peternak di Desa Palambarae, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, Alimuddin, mengungkapkan, para peternak di desanya umumnya mengembangkan sapi lokal. Tetapi, dirinya bersama para peternak lainnya yang tergabung di Kelompok Tani Ternak
Pa’pada Elo, sudah bertahun-tahun konsisten memelihara berbagai jenis sapi.

“Saat ini masih dominan sapi Bali atau sapi lokal Indonesia, kemudian ada sapi hasil perkawinan antara sapi Bali dengan sapi Limosin atau Simental,” ungkap Alimuddin, di sela kunjungan Penjabat Gubernur Sulsel, Bahtiar Baharuddin, ke Desa Palambarae, Kecamatan Gantarang, Kabupaten Bulukumba, Minggu, 4 Februari 2024.

Baca Juga:  Polda Sulsel Gelar Operasi Patuh, Incar 8 Jenis Pelanggaran

Program IB, kata Alimuddin, tentu menjadi harapan baru bagi para peternak dalam meningkatkan jumlah dan kualitas produksi. Ia juga berharap pemerintah baik Kabupaten Bulukumba maupun Pemprov Sulsel dapat membantu peternak sapi untuk obat-obatan dan bisa mengembangkan menjadi sapi peranakan Limosin dan Simental.

“Saya berharap kepada pemerintah agar bisa membantu kami untuk obat-obatan. Kami juga berharap bisa di Inseminasi Buatan juga dengan bibit sapi Simental atau Limosin supaya bisa menjadi anakan sapi peranakan,” pungkasnya. ***