Niaga  

Arus Penumpang di Pelabuhan Makassar Bertambah, Pengaruh dari Libur Nataru

MAKASSAR – Pelabuhan Makassar sebagai pelabuhan terbesar, teramai, dan tersibuk di wilayah Indonesia Timur selalu mencatat jumlah penumpang tertinggi utamanya di musim libur Natal dan Tahun Baru atau Nataru dibandingkan pelabuhan lainnya yang dikelola PT Pelabuhan Indonesia (Persero) Regional 4.

Seperti pada musim Natal 2023 dan Tahun Baru 2024, Pelabuhan Makassar tercatat melayani sebanyak 86.571 orang penumpang yang naik dan turun dari kapal hingga H+11 libur Nataru atau Jumat, 5 Januari 2023.

Jumlah tersebut menurut General Manager (GM) Pelindo Regional 4 Makassar, Iwan Sjarifuddin, mengalami pertumbuhan sebesar 119,11% bila dibandingkan jumlah penumpang pada periode yang sama tahun lalu.

“Dari total 86.571 orang penumpang tersebut, tercatat sebanyak 43.931 orang adalah penumpang embarkasi dan 42.640 orang penumpang debarkasi,” jelas Iwan.

Dari segi arus kapal penumpang, Pelabuhan Makassar juga mendata pertumbuhan sebesar 104,29% untuk arus kunjungan atau call kapal penumpang hingga H+11 Nataru tahun ini dibandingkan H+11 Nataru tahun lalu.

Baca Juga:  Masa Satgas Nataru Berakhir, Pertamina Sukses Amankan Pasokan Energi di Sulawesi

“Hingga H+11 Nataru tahun lalu, arus kunjungan kapal penumpang di Pelabuhan Makassar mencapai 70 call. Tumbuh 104,29% pada periode yang sama tahun ini atau menjadi sebanyak 73 call kapal,” ujarnya.

Menurut Iwan, mengantisipasi lonjakan penumpang pada libur Nataru kali ini, pihaknya telah melakukan berbagai persiapan. Terutama memaksimalkan Ruang Tunggu Sementara atau RTS yang sengaja dibangun untuk menampung penumpang yang transit.

“Kami memang sengaja menyiapkan RTS untuk para penumpang yang transit agar lebih teratur dan mereka tidak menumpuk di terminal penumpang,” imbuh Iwan.

Dia menuturkan, rerata penumpang yang transit adalah mereka yang telah menempuh perjalanan dengan kapal laut dan ingin melanjutkan perjalanan berikutnya dengan kapal yang berbeda. “Biasanya jadwal kapal mereka yang tiba dan yang akan ditumpangi kembali beda sehari atau dua hari, sehingga mereka akan menunggu di RTS yang telah disiapkan,” terangnya.

Baca Juga:  Upaya Pemakaian LPG 3 Kg Tepat Sasaran, Pertamina Lakukan Ujicoba Pendataan dan Pencocokan Data Subsidi di Sulawesi

Atau juga tambah Iwan, mereka adalah calon penumpang kapal yang tinggal di luar Kota Makassar. Agar tidak ketinggalan kapal, mereka memilih untuk tiba di pelabuhan lebih awal dan menggunakan sarana RTS yang ada.

Selain RTS lanjut dia, Pelindo Regional 4 Makassar juga tentunya menyiapkan berbagai fasilitas yang dibutuhkan para penumpang, khususnya saat menunggu di ruang tunggu terminal penumpang.

“Seperti toilet yang bersih, ruang menyusui, musala, wifi, dan fasilitas lainnya, serta layar informasi jadwal kunjungan kapal yang bisa dilihat langsung oleh para penumpang saat berada di ruang tunggu.”

Sementara itu untuk memberikan rasa yang aman dan nyaman kepada seluruh calon penumpang, pihaknya juga selalu menyiagakan petugas keamanan perusahaan bekerja sama dengan aparat setempat. “Kami juga memasang CCTV atau kamera pemantau di hampir setiap sudut pelabuhan termasuk di dalam ruang tunggu terminal penumpang,” sebutnya.

Baca Juga:  Iduladha 1444 H, Pelindo Regional 4 Kembali Gelar Sholat Ied di Pelabuhan Makassar

“Alhamdulillah musim libur Nataru di Pelabuhan Makassar kali ini berjalan aman dan lancar, semoga tidak terjadi sesuatu apapun yang tidak kita inginkan bersama,” pungkas Iwan. ***